7 Cara Yang Mudah Dilakukan Untuk Menghemat Baterai di Andoid Anda

Be Sociable, Share!

7 Cara Yang Mudah Dilakukan Untuk Menghemat Baterai di Andoid Anda

Setiap orang pasti selalu berancang-ancang jika akan bepergian jauh, terkait dengan daya baterai di ponsel mereka. Lemahnya daya tahan baterai tidak mengenal merek hp. Hp mahal ataupun hp murah anda dapat saja dengan cepat kehabisan daya baterai. Teknologi yang sekarang semakin maju. Namun daya tahan baterai hanya dapat dibantu dengan penggunaan power bank. Hal ini juga sangat bergantung dengan cara pemakaian anda. Jika anda ingin daya baterai di hp anda tahan lama tanpa menggunakan bantuan powerbank. Berikut beberapa tips yang bisa bermanfaat untuk menghemat baterai anda.

1. Matikan Suara dan Getaran di HP

Terkadang ada beberapa pengaturan kecil yang tak terlalu anda perhatikan. Sayangnya hal-hal kecil ini dapat menpercepat daya baterai anda habis. Contohnya dengan adanya suara ataupun getaran saat kita menekan tombol back atau home.

Parahnya lagi jika anda mengaktifkan getaran saat anda mengetik. Meski hal ini tidak terlalu memakan baterai, jika dijumlahkan tentunya jumlahnya akan lumayan banyak. Untuk mematikan getaran atau suara ini anda dapat mengaturnya melalui opsi Keyboard.

2. Matikan Lokasi Anda

Keika anda tidak sedang menggunakan smartphone, namun dengan lokasi anda yang sedang menyala baterai anda akan dengan mudah terkuras habis. Dengan anda mematikan lokasi. Akan ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan. Terutama aplikasi yang harus dibantu dengan lokasi anda. Anda hanya perlu mengaktifkan lokasi anda kembali saat menggunakan google maps ataupun waze untuk mempermudah perjalanan anda.

3. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Mungkin yang satu ini sudah sangat jelas yaa. Percaya atau tidak. Banyak orang yang tidak sadar ketika betapa terangnya layar hp mereka, dikarenakan sudah terbiasa. Biasanya, hal ini juga dikarenakan fungsi kecerahan layar secara otomatis.

Anda seringkali berpikiran bahwa kecerahan di layar hp anda telah disetel dengan level yang rendah. Namun jika fungsi dari kecerahan otomatis diaktifkan, tentu tidak ada gunanya. Karena ketika keadaan terang, layar hp anda otomatis akan semakin diterangkan dan semakin menguras baterai anda.

4. Matikan Koneksi 4G LTE

Ini mungkin salah satu hal yang menyebalkan karena lumayan ribet. Menggunakan jaringan 4G LTE memang lebih cepat daripada jaringan lainnya. Namun dengan koneksi ini juga akan menguras baterai anda dengan cepat.

Jika kita bandingkan, Penggunaan jaringan 4G LTE jauh lebih boros memakan baterai dibandingkan dengan jaringan 2G ataupun 3G. Jadi, jika anda ingin menghemat baterai anda. Gunakanlah maksimalnya koneksi 3G jika android anda sedang tidak terlalu dipergunakan. Lalu kembalikan ke Koneksi 4G LTE saat anda menggunakannya untuk browsing.

5. Gunakan Background berwarna Hitam

Di beberapa android flagship dan kebanyakkan android dengan merek Samsung, layar yang digunakan adalah layal OLED. Jika smartphone yang anda gunakan menggunakan layar ini, maka dengan anda menggunakan layar yang berwarna hitam. Secara signifikan baterai android anda akan hemat.

Hal ini dikarenakan layar OLED tidak akan menyalakan piksel dengan layar yang berwarna hitam. Jadi secara alami akan menghemat energi. Berbeda dengan layar LCD, semua piksel akan menyala walaupun layar android anda berwarna hitam. Sehingga cara ini tidak dapat digunakan di smartPhone yang menggunakan layar LCD.

6. Gunakan Mode Pesawat

Jika android anda tidak terlalu digunakan. Anda bisa menggunakan mode airplane di android anda. Mode ini akan mematikan semua koneksi, pastinya hal ini akan membuat baterai anda lebih hemat. Tidak hanya saat android anda tidak terpakai. manfaatkan juga mode ini ketika sinyal anda sedang jelek. Dikarenakan saat sinyal android anda sedang jelek. Android anda akan terus berusaha untuk mencari sinyal, yang mengakibatkan baterai dengan cepat terkuras. Sertakan gunakan mode ini saat anda berada di daerah-daerah terpencil. Dan dinormalkan kembali setelah sinyal sudah baik.

7. Matikan Koneksi Wifi

Berbagai media koneksi di android anda seperti Bluetooth, Wifi, NFC di beberapa perangkat tentu juga menguras baterai. Jika anda dirumah atau dikantor menggunakan wifi. Saat anda lupa mematikan koneksi wifi dan tetap menyalakan data seluler hal ini akan menguras baterai anda. Dikarenakan saat Wifi diaktifkan, dia akan selalu mencari sinyal(scanning) sehingga mengguras baterai anda.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!