7 Faktor Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Be Sociable, Share!

Sakit Kepala memang bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, apabila terjadi saat anda baru bangun tidur, tentu rasanya sangat tidak menyenangkan. Seharusnya kita bangun pagi dengan perasaan segar dan berenergi, namun kita malah merasakan sakit kepala yang menyiksa. Berikut adalah faktor – faktor yang menyebabkan sakit kepala di pagi hari.

Kurang Tidur

Tubuh butuh waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari agar dapat berfungsi normal. Saat waktu tidurmu kurang, maka akan timbul kekacauan hormon yang kemudian membuat denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Hal ini dapat menyebabkan rasa pusing setelah anda bangun pagi.

Terlalu Banyak Tidur

Tidak hanya kurang tidur, tidur berlebihan juga dapat menyebabkan pusing. Saat anda tidur lebih dari 9 jam per hari, akan terjadi penurunan hormon serotonin pada otak. Rendahnya hormon serotonin ini bisa mengurangi aliran darah ke otak yang kemudian akan memicu sakit kepala.

Rendahnya Hormon Endorfin Dalam Tubuh

Titik terendah kadar hormon endorfin dalam tubuh terjadi di pagi hari. Rendahnya tingkat endorfin ini kemudian mempengaruhi neurotransmitter lainnya seperti serotonin. Akibatnya, pembuluh darah di otak menyempit dan mengurangi aliran darah ke otak. Hal inilah yang memicu pusing saat anda bangun tidur.

Mendengkur saat tidur

Mendengkur terlalu keras bisa menjadi tanda dari sleep apnea. Dengkuran yang terlalu keras dapat menyebabkan tersedak, tersengal, dan menghentikan napas untuk waktu yang singkat. Hal ini bisa mengurangi masuknya oksigen di otak dan menyebabkan pusing saat terbangun.

Terlambat minum kopi

Kafein dalam kopi adalah zat yang dapat merangsang sistem saraf. Jika kamu seorang peminum kopi yang teratur dan kemudian tiba – tiba tidak meminum kopi, perubahan ini bisa membuat sakit kepala muncul. Hal ini disebabkan oleh penghentian asupan kafein reguler yang akan menyebabkan meluasnya pembuluh darah di otak sehingga darah yang mengalir di otak lebih banyak dan memberikan tekanan yang lebih besar yang berakhir dengan pusing.

Depresi

Sakit kepala karena depresi mungkin saja terjadi. Sebab, saat anda mengalami depresi, maka kadar hormon serotonin menurun dan memicu munculnya sakit kepala.

Hipertensi

Jika tekanan darahmu lebih dari 140/90 mm Hg, maka waspadalah dengan serangan sakit kepala yang akan terjadi di pagi hari. Namun hal ini bisa dicegah dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi gaya hidup yang lebih sehat.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!