Amerika Resmi Pindahkan Kedutaan Besarnya Untuk Israel Kewilayah Yerusalem

Be Sociable, Share!
Amerika Resmi Pindahkan Kedutaan Besarnya Untuk Israel Kewilayah Yerusalem

Amerika Resmi Pindahkan Kedutaan Besarnya Untuk Israel Kewilayah Yerusalem. Tepat pada hari perayaan 70 tahun kemerdekaan Israel, Amerika Serikat meresmikan kedutaan besarnya di wilayah Yerusalem Pada hari Senin, 14 Mei 2018.

Langkah tersebut menjadi salah satu simbolisasi resmi atas Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pemutaran video rekaman dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memberikan ucapan mengawali detik-detik jelang peresmian kedutaan tersebut.

“Hari ini kami meresmikan Kedutaan AS di Yerusalem, selamat!,” ujar Trump dalam rekaman video

Pejabat AS yang hadir langsung di lokasi mendapat kesempatan untuk memimpin jalannya seremoni. Peresmian Berlangsung di Yerusalem dipimpin oleh penasihat senior Gedung Putih, Ivanka Trump yang merupakan putri dari Donald Trump.

Diketahui Ivanka didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi Amerika Serikat. Sebelum kata resmi diucapkan oleh Ivanka, Menteri Keuangan Amerika Serikat Steve Mnuchin membuka tirai yang dibaliknya menunjukkan papan penanda kedutaan.

“Mewakili presiden ke-45 AS, kami menyambut Anda secara resmi dan untuk pertama kalinya di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem, ibu kota Israel,” lanjut Ivanka.

Putri Presiden Donald Trump tersebut dilaporkan tiba di Yerusalem bersama suaminya, Jared Kushner, pada Minggu sore, 13 Mei 2018.

Keduanya pasangan tersebut yang sama-sama menjabat sebagai penasihat senior Gedung Putih, menghadiri pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem.

Tepuk tangan hadirin bergemuruh pada seremoni peresmian pembukaan Kedutaan AS di Yerusalem tersebut.

Turut hadir dalam peresmian itu adalah penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner (yang merupakan suami Ivanka), Wakil Menteri Luar Negeri AS John Sullivan, dan Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman.

Presiden Paraguay Horacio Cartes dan Presiden Guatemala Jimmy Morales juga hadir dalam seremoni peresmian Kedutaan AS di Yerusalem.

Namun Sebuah kedutaan sementara akan dibuka di dalam gedung konsulat Amerika Serikat yang ada di Yerusalem. nantinya gedung utamanya, akan dibuka dalam beberapa waktu ke depan, setelah proses pemindahan dari Tel Aviv selesai dilakukan.

detiktribun

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!