Amerika Serikat Dan Korut Akan Lakukan Pertemuan Dinegara Finlandia

Be Sociable, Share!
Amerika Serikat Dan Korut Akan Lakukan Pertemuan Dinegara Finlandia

Amerika Serikat Dan Korut Akan Lakukan Pertemuan Dinegara Finlandia. Pertemuan informal, tertutup antara Amerika Serikat, Korea Utara maupun Korea Selatan dirahasiakan dari sorot media itu akan dilaksanakan selama dua hari, pada 19 – 20 Maret 2018, di Helsinki,

Pejabat Finlandia yang tidak menyebutkan namanya, membenarkan bahwa pertemuan tersebut akan di selengarakan selama dua hari, nantinya Belasan delegasi Amerika Serikat, Korea Selatan dan Korea Utara mengadakan pertemuan di Finlandia pekan ini.

Pertemuan tripartit itu akan berlangsung dalam nuansa yang sangat hangat, kata pihak Kementerian Luar Negeri Finlandia selaku fasilitator.

“Topik pembahasan dalam pertemuan itu ditujukan untuk membangun rasa saling percaya antara ketiga negara dan mengurangi tensi seputar isu Semenanjung Korea,” lanjut Kemlu Finlandia

Menteri Luar Negeri Finlandia Timo Soini. menyampaikan menyampaikan bahwa tpopi tersebut membahas isu Semenanjung Korea, Namun topik yang muncul bekalangain ini  mengenai denuklirisasi dan perlucutan senjata Korea Utara tak menjadi agenda di pertemuan tersebut,

Namun Kendati demikian. Beberapa pihak tetap akan menyebut pertemuan itu menyimbolisasikan. Mengenai perkembangan positif menuju dialog damai seputar isu Semenanjung Korea yang akan segera datang.

Ketiga negara pun diwakili oleh masing-masing 6 diplomat, plus pemantau dari PBB maupun Eropa. Namun, identitas mereka semua dirahasiakan. Termasuk, detail pembicaraan antara masing-masing pihak dalam pertemuan tersebut.

Informasi yang beredar, beberapa figur delegasi yang hadir meliputi; Choe Kang-il(diplomat Korut yang bertanggung jawab pada kawasan Amerika Utara) dan Kathleen Stephens (mantan Duta Besar AS untuk Korea Selatan.

Beberapa figur yang turut hadir dalam pertemuan itu adalah para akademisi dan mantan pejabat tinggi ketiga negara. Para Figur juga mungkin membahas seputar kerangka pertemuan dan dialog damai antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Trump telah menyetujui pertemu tersbut dilaksanakan pada akhir Mei. Namun, pihak Kepemerintahan Korea Utara yang di pimpin Kim Jong-un masih belum memberikan kepastian.

Akan tetapi, media pemerintah The Hermit State melaporkan indikasi positif bahwa pejabat tinggi Korea Utara mungkin setuju atas usulan tersebut

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!