Amerika Serikat Kirim Dua Kapal Tempur Kelaut Hitam

Be Sociable, Share!
Amerika Serikat Kirim Dua Kapal Tempur Kelaut Hitam

Amerika Serikat Kirim Dua Kapal Tempur Kelaut Hitam. Angkatan Laut AS mengirim dua kapal tempur ke Laut Hitam, Diduga untuk meningkatkan Kekuatannya sebagai bentuk untuk menekan militerisasi Rusia di wilayah tersebut, kata seorang pejabat tinggi Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

Kapal yang di kirim merupakan kapal USS Carney (Arleigh-burke destroyer class pembawa misil kendali) bergabung bersama dengan USS Ross,Kedua Kapal Tersebut Beroperaso di Laut Hitam untuk melaksanakan ‘operasi keamanan maritim’,

“Operasi ini bersifat pro-aktif. Kami beroperasi pada tempo dan waktu yang strategis di kawasan yang penting,” kata Laksamana Christopher Grady, Komandan US Navy 6th Fleet.

Operasi yang di lakukan untuk membantu sekutunya yaitu NATO dengan menjaga kestabilan di kawasan eropa yang semakin memanas dengan Rusia

“Kontinuitas kehadiran kami dalam operasi itu merupakan bentuk komitmen AS untuk membantu sekutu NATO serta menjaga stabilitas dan keamanan kawasan maritim di Laut Hitam,”ucap Grady.

Pejabat Militer AS menyampakan bahwa keputusan untuk mengerahkan USS Carney dan USS Ross ke Laut Hitam. Merupakan salah satu cara bagi Washington untuk menekan pengaruh militerisasi Rusia di kawasan tersebut

Seorang pejabat Pakta Aliansi Militer Atlantik Utara (NATO) menyampaikan  bahwa Rusia telah mengerahkan beberapa kapal selam ke wilayah Krimea.

Pejabat tersebut menjelaskan, meski tak berniat merespons secara langsung langkah Rusia. Namun, NATO tetap akan memperkuat kapabilitas militernya di kawasan yang sama.

Pada hari Minggu 20 Februari. Rusia juga telah membuat pengumuman bahwa pihaknya tengah menempatkan beberapa kapal Angkatan Laitnya ke Laut Hitam. Pernyataan tersebut di umumkan sehari usai Amerika Serikat menempatkan dua kapal tempurnya ke kawasan Laut hitam Krimea

Pernyataan tersebut di ungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, dengan menyebut bahwa kapal frigat Admiral Essen dan dua kapal patroli memasuki Laut Hitam untuk melakukan serangkaian latihan.

Menurutnya langkah tersebut bukan hal baru. Karena, sejak Krisis Aneksasi Krimea pecah pada 2014.  AS dan NATO melaporkan bahwa Rusia secara konsisten melakukan militerisasi di kawasan tersebut. Dengan mengirim tentara dan alutsista dalam jumlah besar.

Pejabat militer Amerika Serikat yang berbasis di Eropa menyebutkan bawah, Segala alutsista dan persenjataan yang baru. Milik Rusia telah ditempatkan di wilayah Krimea.”

“Rusia menempatkan banyak sistem persenjataan baru untuk pertahanan pantai, udara, dan anti-misi maupun membentuk Korps Angkatan Darat baru untukbertugas di sana.”

Namun seorang pejabat militer lain berbeda pandangan dengan mengatakan bahwa. Eskalasi kehadiran Rusia di Laut Hitam merupakan bentuk ketahanan mereka dalam memandang potensi ancaman dari Amerika Serikat di kawasan tersebut.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!