Ancaman Uji Coba Nuklir Korea Utara Kembali Terjadi

Be Sociable, Share!

Korea Utara Kembali Mempersiapkan Uji Coba Nuklir

Korea Utara diduga akan melakukan uji coba senjata nuklir terbaru dalam waktu dekat ini. Uji coba ini dilakukan Pyongyang untuk melawan tekanan internasional atas Korea Utara. Menurut salah satu pejabat militer Korea Selatan, Pemerintah Korea Utara siap untuk meledakkan nukir terbaru mereka kapanpun mereka mau. Hal ini dikonfirmasi saat ada informasi mengenai kemungkinan Pyongyang akan kembali melakukan uji coba nuklir dalam beberapa hari kedepan.

Informasi mengenai uji coba senjata nuklir ini telah membuat pihak Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan Korea Selatan bersiaga. Perangkat pemantau milik AS dan Korsel saat ini sedang memonitor lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri yang berada di daerah pesisir timur Korea Utara. Saat ditanya mengenai perkembangan terbaru dari informasi mengenai uji coba nuklir Korea Utara ini, Pejabat itu hanya mengatakan bahwa korea utara siap untuk meluncurkan senjata pemusnah massal tersebut kapanpun.

Pemerintah Korea Selatan memang sudah menyadari bahwa Korea Utara masih terus melanjutkan program senjata nuklir mereka sejak uji coba senjata nuklir pada September lalu. Sejak tahun lalu, Korea Utara sudah melakukan lima kali uji coba nuklir dan serangkaian penembakan misil balistik. Hal ini juga diaanggap sebagai pengacuhan terhadap sanksi dari Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB). Sejumlah pakar dan pejabat pemerintah AS yakin bahwa Korea Utara sedang mengembangkan misil berhulu ledak nuklir yang dapat menjangkau Wilayah Amerika Serikat

Tak Ada Aktivitas Di Punggye-ri

Sementara itu lembaga pemantau soal Korut yang bermarkas di Washington DC, mengatakan bahwa citra satelit dari lokasi uji coba senjata nuklir Korut belakangan ini tidak menunjukkan aktivitas yang menandakan akan dilakukan uji coba nuklir. Mereka juga mengatakan tidak mengetahui lagi akan diadakan di lokasi mana uji coba nuklir kali ini bila bukan di Punggye-ri.

Klaim Korea Utara pada tahun lalu yang menyatakan bahwa mereka sudah menguasai miniaturisasi senjata nuklir yang bisa dimasukkan dalam hulu ledak sebuah misil balistik juga menjadi ancaman. Jika klaim ini benar, maka dikhawatirkan musuh-musuh Pyongyang dan pihak PBB sudah tidak berdaya lagi untuk menghalangi kemajuan program persenjataan pembunuh massal Korea Utara.

Pada uji coba peluncuran misil balistik Korea Utara Rabu (22/3) lalu, misil milik Korea Utara meledak tak lama setelah diluncurkan sehingga dapat dikatakan bahwa uji coba tersebut mengalami kegagalan. Walau mengalami kegagalan, uji coba peluncuran misil itu telah membuat negara-negara di kawasan Asia menjadi cukup tegang. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan negara-negara lainnya terhadap perkembangan sistem persenjataan Korea Utara.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!