Arab Saudi Izinkan Wanita Pakai Bikini Di Pantai

Be Sociable, Share!

Awal Agustus ini, pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan baru, yakni wanita diizinkan berbikini di pantai, tepatnya di pesisir Laut Merah. Sebagai negara Islam, Arab Saudi terkenal memiliki peraturan yang ketat bagi wanita. Bahkan, wanita yang memakai pakaian terlalu seksi bisa ditahan.

Pemerintah Arab Saudi kini mengizinkan wanita boleh berbikini di pantai atas perintah Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman. Rencananya, pemerintah Arab Saudi akan membangun kawasan resort di pesisir Laut Merah. Kota besar terdekat dari lokasi yang direncanakan akan menjadi lokasi resort tersebut adalah Jeddah.

Baik media Arab Saudi maupun internasional ramai – ramai memberitakan hal ini. Menurut berbagai sumber, proyek resort di pesisir Laut Merah ini akan dimulai pada tahun 2019 dengan tahap pertama ditargetkan akan selesai pada tahun 2022. Proyek ini diperkirakan menghabiskan dana hingga USD 5 miliar.

Aturan ini merupakan salah satu wujud dari visi Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman yang menghendaki agar pendapatan negaranya tak lagi tergantung dengan minyak di tahun 2030. Namun, peraturan yang memperbolehkan wanita berbikini ini hanya berlaku di resort pada kawasan pesisir Laut Merah. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut telah ditetapkan sebagai daerah wisata.

Beberapa media menulis bahwa Arab Saudi mengikuti apa yang telah dilakukan Dubai. Sebagai negara yang sama – sama berada di daerah Timur tengah, Dubai telah lebih dahulu menerapkan peraturan yang sama. Hasilnya, Dubai telah sukses menjadikan sektor pariwisata sebagai sumber devisa terbesar kedua setelah minyak bumi. Dubai terus mengembangkan sektor pariwisatanya dengan menambah berbagai atraksi dan memperkuat jaringan penerbangannya.

Tentu saja peraturan yang dicetuskan oleh Pangeran Muhammed bin Salman ini menimbulkan pro dan kontra. Ditambah lagi, rencananya resort mewah yang nantinya akan dibangun di pesisir Laut Merah ini, akan diberikan bebas visa untuk berkunjung. Resort mewah ini dikabarkan akan terbentang sepanjang 200 km di pesisir Laut Merah.

Kawasan resort di pesisir Laut merah ini bisa dikatakan sebagai mega proyek. Hal ini dikarenakan luasnya yang fantastis, resort ini dikabarkan akan dipenuhi oleh berbagai atraksi dan fasilitas wisata yang sangat menarik. Pada kawasan ini juga dikabarkan akan dibangun penginapan bintang 5 hingga pulau pribadi.

Pesisir Laut Merah sendiri memang memiliki panorama yang cantik. Laut yang bergradasi dan terumbu karang yang indah memang sudah menjadikan tempat ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Arab Saudi. Dengan membebaskan wanita berbikini dan membebas visa khusus untuk daerah kawasan wisata ini, diharapkan dapat memaksimalkan devisa negara dari sektor pariwisata di Arab Saudi.

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!