Atasi Rambut Rontok dengan Bunga Kembang Sepatu

Be Sociable, Share!

Bingung dengan rambut rontok ? Kini ada cara alternatif untuk atasi rambut rontok yaitu dengan memanfaatkan khasiat dari bunga kembang sepatu yang belum kita ketahui.

Seperti yang telah kita ketahui, rambut merupakan mahkota wanita. Ketika rambut rontok melanda, tentu saja kita melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Mulai dari menggunakan shampo khusus sampai menggunakan obat-obatan herbal untuk rambut. Namun ternyata rambut rontok bisa diatasi dengan khasiat dari bunga yang sudah dikenal di masyarakat, yaitu bunga kembang sepatu.

Selama ini banyak orang percaya bahwa bunga kembang sepatu hanya bisa digunakan untuk menurunkan demam. Sekarang anda juga dapat menggunakannya sebagai bahan untuk menghilankan rambut rontok.

Meskipun ada banyak jenis tanaman bunga kembang sepatu, namun jenis bunga kembang sepatu merahlah yang yang digunakan untuk perawatan rambut serta kulit. Hal ini diklaim efektif dalam hal atasi rambut rontok dan juga menghilangkan ketombe.

Menurut beberapa orang, bunga kembang sepatu juga memiliki keefektifitasan dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Penerapan daun kembang sepatu dan bunga yang dihaluskan diyakini bermanfaat bagi kulit kepala, karena daun dan bunga yang telah dihaluskan mempunyai sifat pendinginan dan menenangkan.

Cara Penggunaan Kembang Sepatu untuk Atasi Rambut Rontok

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bunga kembang sepatu dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Namun cara penggunaan pada kulit kepala dan rambut dapat berbeda. Anda dapat menggunakannya dengan cara menjadikannya minyak rambut atau sampo maupun konditioner.

  • Bila anda ingin mengolah kembang sepatu menjadi minyak rambut, yang harus anda lakukan adalah mengambil beberapa bunga dan daun ( sebaiknya yang berwarna merah ). Anda perlu setengah cangkir bunga dan daun yang telah dicincang. Kemudian hancurkan sampai lembut dan campur dengan secangkir minyak kelapa. Masak campuran tersebut di atas api kecil, sampai keluar asap. Apabila sudah melihat asap, matikan api dan biarkan minyak menjadi dingin sebelum disimpan. Cara penggunaannya adalah pijat dengan lembut rambut anda dengan sedikit minyak ini sebelum mandi, setidaknya dua kali seminggu. Anda juga bisa membilasnya dengan shampo herbal ringan setelah setelasi memijatnya.
  • Jika anda ingin menggunakannya sebagai shampo, yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan beberapa bunga dan daun kembang sepatu. Haluskan sampai menjadi pasta halus dan terapkan di kulit kepala dan rambut. Biarkan meresap selama sepuluh sampai lima belas menit. Lalu, bilas dengan air hangat. Anda juga bisa membuat pasta dari bubuk dengan air kembang sepatu ( atau air mawar ) dan menerapkan campuran pada kulit kepala. Bilas setalah satu jam.

Demikianlah tata cara dalam mengolah bunga kembang sepatu menjadi ramuan untuk mengatai kerontokan pada rambut. Selain membantu mengurangi rambut rontok, kembang sepatu juga mempunyai khasiat lainnya seperti mencegah rambut beruban prematur, mendukung pertumbuhan rambut, dan membantu regenerasi rambut. Selamat mencoba.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!