Atm bca Offline Akibat gangguan Jaringan Telkom 1, Sebanyak 5.700 unit bca

Sebanyak 5.700 Atm Bca mengalami gangguan

Sebanyak 5.700 Atm Bca mengalami gangguan. Gangguan ini terjadi akibat adanya gangguan jaringan Telkom 1. Gangguan ini terjadi sejak sabtu (26/8/17). Para nasabah mengeluhkan kejadian buruk ini. Mereka mengeluh tidak dapat melakukan berbagai transaksi , termasuk juga tranfer. Menindaklanjuti hal ini, Corporate Secretary PT Bank Central Asia Tbk( BCA) Jan Hendra, mengakui adanya ATM yang offline pada hari ini. Hal tersebut terjadi karena adanya gangguan satelit milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), yakni Telkom 1. ATM-ATM kami yang menggunakan satelit Telkom mengalami gangguan sehingga offline. Namun, ada juga ATM kami yang tetap beroperasi, yakni yang tidak menggunakan jaringan Telkom. ATM yang rusak ini mencapai 5.700 yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia.

Hanya sekitar 30 % Dari total atm bca  yang mengalami masalah. Info dari Jan Hendra.  Saat ini bank BCA memiliki 17.210 Unit ATM di 11.530 lokasi seluruh Indonesia. Dari total ATM yang dimiliki, BCA  memastikan jika hanya sebanyak 5.700 ATM yang bermasalah.

Pihak Telkom membenarkan adanya kerukan di jaringan Telkom 1, sehingga atm bca banyak yang offline.

Pihak Telkom membenarkan adanya kerukan di jaringan Telkom 1.  telkom juga meminta maaf akibat gangguan yang terjadi ini. Yang mengakibatkan offlinenya atm bca.  Akan diklarifikasi masalah yang terjadi agar kedepannya tidak terjadi lagi masalah yang serupa. Telkom sedang melakukan perbaikan dengan bantuan Lockheed Martin selaku pabrikan telkom 1 , yang tengah melakukan proses recovery dan diperkirakan akan kembali normal sekitar pukul 02.00 WIB dini hari (26/08/17). Telkom 1 memiliki 36 transponder pelanggan di Indonesia dan Regional.

 

Saat ini BCA sedang melakukan upaya perbaikan dengan mengaktifkan jalur telekomunikasi alternatif sehingga pelayanan kepada nasabah bisa kembali lancar. Ada 100 kantor kas kita juga terkena, tapi sudah mau mulai dialihkan ke alternatif lain. Diharapkan senin semua atm bca akan kembali normal. Ujar Jan Hendra.

“Apakah ATM BCA juga error di seluruh Malang? Saya mau transfer sampai tidak bisa terus,” ujar Dita, seorang nasabah BCA di Malang.

Dita bukan satu-satunya nasabah yang mengeluhkan hal ini. Di media sosial seperti Twitter, keluhan-keluhan serupa juga banyak disampaikan.

“Kira kira kapan ya satelit Telkomnya bener? Maunya ambil duit di atm BCA, krn buat sehari hari nih. Moga moga cepet deh,”  tulis seorang pengguna Twitter, Minggu (27/8/2017) sore.

 

error: Content is protected !!