Banjir di Thailand Selatan Menewaskan 14 Orang

Be Sociable, Share!

Sedikitnya 14 orang tewas akibat banjir yang menerjang wilayah kepulauan di Thailand bagian selatan. Kepulauan di kawasan itu banyak menjadi lokasi wisata dan bulan Desember-Januari menjadi masa yang ramai untuk aktivitas pariwisata. Tekanan udara yang rendah membawa hujan deras di sebagian wilayah selatan negara tersebut, termasuk Pulau Samui dan Pha Ngan. Banjir ini juga mengganggu jalur kereta ke wilayah Thailand bagian selatan hingga ke Malaysia dan sekitarnya. Nongyao Jirundom dari Badan Pariwisata Thailand untuk Pulau Samui, menjelaskan bahwa hujan yang lebih deras dari biasanya memicu gangguan pada saluran air.

Pusat Peringatan Bencana Nasional menyebut sedikitnya 14 orang tewas dalam serangkaian insiden yang disebabkan oleh cuaca buruk. Korban tewas dilaporkan berasal dari beberapa wilayah berbeda di Thailand bagian selatan. Layanan kereta api jalur selatan dilaporkan terhenti di kota Thung Song, Provinsi Nakhon Si Thammarat, akibat banjir. Provinsi Nakhon Si Thammarat tercatat memiliki curah hujan 447 milimeter dalam 7 hari terakhir. Jumlah itu lebih banyak sekitar 380 milimeter dari angka rata-rata curah hujan untuk tahun ini.

Pariwisata menjadi salah satu sumber perekonomian Thailand. Namun negara ini berjuang keras memulihkan sektor pariwisata yang menurun sejak kerusuhan politik melanda negara itu. Kerusuhan politik berlangsung selama berbulan-bulan sebelum diakhiri dengan kudeta militer pada tahun 2014 lalu.

Wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej pada 13 Oktober lalu membawa Thailand ke dalam kesedihan mendalam. Namun, Putra Mahkota Thailand segera menempati singgasana kerajaan Negeri Gajah Putih tersebut setelah menunda pentahbisannya sebagai raja baru demi masa berduka selama 50 hari. Walaupun sudah diangkat sebagai Raja Thailand, pentahbisan resmi untuk Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn baru akan berlangsung setelah upacara kremasi jenazah Raja Bhumibol, yang diperkirakan akan berlangsung tahun depan.

Bulan Desember menandai dimulainya musim kemarau yang diwarnai oleh aliran turis ke kawasan pantai untuk merayakan libur Natal dan Tahun baru. Kementerian Pariwisata Thailand memperkirakan kedatangan 32,4 juta wisatawan untuk tahun ini. Sebelumnya, banjir hebat yang melanda Thailand tahun 2011 lalu, menewaskan lebih dari 900 orang dan berdampak besar pada sektor pariwisata.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!