Barang Rampasan Dari Koruptor Dilelang, Terkumpul 3,5 Miliar Rupiah

Barang Rampasan Dari Para Koruptor Dilelang, Uang Yang Terkumpul Sebanyak 3,5 Miliar Akan Dimasukkan Dalam Kas Negara

Barang hasil rampasan dari para Koruptor dilelang di kantor KPK. KPK bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III. Sebagian barang ini laku terjual dengan total 3,5 Milyar sebanyak 37 jenis barang. Sementara itu, 19jenis barang lainnya belum terjual.

Totalnya ada 54 jenis barang yang dilelang, diantaranya laptop, perhiasan,jam tangan, handphone, motor, sampai mobil.

” Dari jumlah 54 barang itu, yang laku terjual sebanyak 37jenis. Totalnya Rp. 3.585.687.000.” Kata Irene Putrie, selaku Plt Koordinator Unit Kerja Labuksi KPK. Setelah siap melakukan lelang yang dilaksanakan di gedung KPK, Kuningan, Jakarta,Jum’at(24/11).

Barang rampasan dari para koruptor yang dilelang ini telah inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap dari sejumlah kasus korupsi yang dilakukan. Diantaranya dari kasus Ojang Suhendi mantan Bupti Subang, mantan Wakil Direktur Umun dan keuangan RSUD M.Yunus Edi Santoni, Ahmad Fathanah, Safri Syafii mantan Kabag Keuangan RSUD M. Yunus Bengkulu.

Fahri Nurmallo Mantan jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Mohamad Sanusi mantan anggota DPRD, Yan Anton Ferdian mantan Bupati Banyuasin, dan Deviyanti Rochaeni.

Lelang ini diikuti oleh 171peserta. Hasil yaang didapatkan dari lelang ini akan dimasukkan di uang kas negara. Sisa barang yang belum laku, akan dilelang dalam waktu mendatang.

Sebanyak 7 Mobil Laku Terjual

Dalam lelang ini, sebanyak 7 mobil berhasil terjual ke para peserta lelang. Mobil Lexus Type LX570 A/T mobil termahal yang terjual dengan harga 1,29 Miliar. Mobil Mercedez Benz Type GL400 AT (X166) CKD Model Jeep L.C.HDTP terjual dengan harga 1,09 miliar, Mobil Jeep Wrangler 3.6 AT Model Jeep L.C.HDTP terjual dengan harga Rp646,1 juta. Mobil Jeep Wrangler Type 3.8 L AT/3778 CC dengan harga Rp302,1 juta, mobil Toyota Camry berwarna hitam Rp228,6 juta, Mobil Mazda CX-5 dengan harga Rp207,3 juta, dan Mobil Honda Jazz Rp119 juta.

Jufri Pemborong Barang-barang lelang

Muhammad Jufri bapak berusia 50 tahun ini, merupakan salah satu peserta yang memborong paling banyak barang dari hasil rampasan koruptor. Dia menghabiskan hampir 2,5miliar uangnya dalam lelang yang dilakukan siang kemaren.

” Saya membeli beberapa jenis barang dalam lelang itu, diantaranya Mobil, lukisan, emas, jam rolex.” Ucap Jufri

Pria ini berasal dari Madura, Jawa Timur, sering disebut dengan julukan panitia lelang. Jufri hampir mengikuti semua proses lelang yang diadakan. Salah satu barang yang dia beli yaitu mobil lexus seharga 1,29 miliar.

Jufri menambahkan, barang-barang yang dilelang oleh KPK kondisinya masih cukup bagus. Tak heran jika dia berani beli banyak barang dalam lelang tersebut. Mengingat, harga barang yang dilelang jauh lebih rendah dibandingkan harga dipasaran.

“Harganya semua dibawah pasaran. Contohnya jam rolex kita beli harganya 150juta, dipasaran harganya 250juta kan beda lumayan jauh. Lebih baik beli barang dipelelangan KPK lebih mantap.” Lanjut jufri

Jufri juga akan menjual kembali barang-barang yang dia beli dari lelang ini jika ada orang yang berminat membelinya. “Saya kolektor, jika ada orang yang ingin beli saya akan jual, dapat untung.” Ujar Jufri

“Syukurlah barang yang saya dapatkan lumayan murah, saya mengambilnya dan bagusnya tidak ada pesaing lain. Kalau kemaren saya di tempat lelang lain, jumlah pesertanya sampai 500orang, alhamdulilah ini berkah.” Lanjut dia.

error: Content is protected !!