Beberapa Fakta Mengenai London Bridge, Lokasi Aksi Teror Di Inggris

Be Sociable, Share!

London Bridge dan Borough Market merupakan lokasi yang menjadi destinasi populer bagi para wisatawan. Namun, sabtu kemarin (3/6/2017) telah terjadi aksi teror yang menelan enam korban jiwa. 20 korban luka lainnya sedang menjalani perawatan di 6 rumah sakit di London. Adapun aksi terror tersebut adalah tabrakan di London Bridge dan penikaman di area Borough Market. Ketiga pelaku teror ini telah ditembak ditempat oleh anggota Scotland Yard.

Asisten Komisioner Polisi Metropolitan, Mark Rowley, telah menyampaikan pernyataan Scotland Yard mengenai aksi teror ini. Mereka telah mengkonfirmasi bahwa serangan tersebut dilakukan oleh teroris. Rowley juga mengatakan bahwa lembanya sedang melakukan peninjauan kembali dan merencanakan penguatan keamanan di London untuk mengantisipasi aksi teror London.

London Bridge merupakan tempat yang kaya akan sejarah dan fakta unik. Berikut adalah beberapa fakta unik dari salah satu landmark kota London ini.

  1. Jembatan ini didesain oleh arsitek London bernama Horace Jones yang berkolaborasi dengan Wolfe Barry. Mereka berdua memenangkan kontes desain dari 50 karya desain yang terkumpul. Evaluasi karya desain ini sempat menjadi kontroversi dikarenakan Horace Jones adalah salah satu juri kontes desain.
  2. Pembangunan jembatan ini memerlukan waktu delapan tahun, dari tahun 1886 hingga 1894. Ada lima kontraktor dan 432 pekerja konstruksi yang membangunan jembatan tersebut.
  3.  Desain London Bridge terbilang unik karena menggabungkan dua desain jembatan, yakni bascule (jembatan jungkat jungkit) dan suspensi (jembatan dengan tiang suspensi).
  4. Rata – rata London Bridge dilewati 40.000 orang setiap harinya. Dari jembatan ini juga tampak pemandangan menakjubkan dari beberapa landmark Kota London lainnya seperti St Paul’s Cathredral, Canary Wharf, Maritime Greenwich, dan London Eye.
  5. Bagian jungkat jungkit dari jembatan ini dapat dilewati kapal dengan syarat melakukan pemberitahuan 24 jam sebelumnya. Dulu, energi untuk mengoperasikan jungkat jungkit didapatkan dari mesin tenaga uap. Semenjak tahun 1976, pembangkit energi untuk jungkat jungkit diganti menggunakan minyak.
  6. Ada sebuah pameran yang menjelaskan sejarah dari London Bridge yang diselenggarakan setiap tahunnya di tempat ini, yang bernama Tower Bridge Exhibition.
  7. Nama asli jembatan ini adalah Tower Bridge. Namun jembatan ini lebih dikenal dengan nama London Bridge.
Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!