Beberapa Tips Untuk Redakan Stress Bagi Pria Modern

Tingkat stress di seluruh dunia tampaknya sangat merata pada tingkatan yang cukup tinggi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh berbagai tuntutan dari lingkungan sekitar. Bayangkan, kita diminta untuk memenuhi berbagai tuntutan di masa kini, mulai dari tuntutan prestasi di tempat kerja, mempertahankan kehidupan sosial, terlibat dalam politik, hingga tuntuntan menjaga tubuh ideal. Jadi, bukanlah sesuatu hal mengejutkan jika seseorang mengalami tingkat stres yang tinggi bila ingin memenuhi seluruh tuntuan masa kini.

Para ahli di dunia tengah menemukan beberapa hal yang dapat menghilangkan stres yang mengganggu anda. Berikut adalah beberapa saran dari para ahli untuk menghilangkan stres anda sehari-hari.

Jangan Asal Memilih Makanan Yang Akan Anda Konsumsi

Ternyata, apa yang anda makan dapat mempengaruhi mood anda. Beberapa studi mengenai hal ini telah terbukti benar adanya. Sebuah studi dalam Journal of Clinical & Experimental Research menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, akan meningkatkan produksi hormon serotonin. Adapun hormon ini bertanggung jawab dalam menjaga keseimbangan mood.

Asupan vitamin selain membantu menjaga kesegaran tubuh, juga dapat memperlambat sekresi hormon yang mengakibatkan stres. Sebuah Studi di Universitas Alabama menemukan bahwa Vitamin C sangat berpengaruh dalam hal ini.

Jangan Merokok Untuk Menghilangkan Stress

Menurut ahli kesehatan dari Universitas Lancester, Profesor Cary Cooper, merokok tidak menghilangkan stres dan akan membuat anda semakin terpuruk. Hal ini didukung oleh penemuan dewan penelitian tembakau di Eropa, yang mengatakan bahwa nikotin justru menekan produksi serotonin yang justru melawan dampak stres. Penurunan produksi hormon serotonin ini akan meningkatkan kecemasan dan membuat perasaan membutuhkan rokok lebih banyak lagi.

Berolahraga Sangat Baik Untuk Menurunkan Kadar Stress

Menurut hasil penelitian Universitas Missouri, latihan fisik dapat meningkatkan kinerja otak. Berolahraga dengan intensitas tinggi selama setengah jam, bisa menurunkan kadar stres lebih banyak dibandingkan dengan melakukan olahraga dalam waktu lama dengan intensitas moderat. Hal ini membuat kondisi tubuh dalam keadaan lebih fit sehingga terhindar dari stres.

Luangkan Sedikit Waktu Di Kantor

Salah satu sumber stres utama pada pria adalah urusan pekerjaan di kantor. Ada baiknya anda meluangkan sedikit waktu anda untuk minum teh atau kopi dengan para kolega anda dan berbagi masalah anda. Anda pasti akan merasa lebih baik sesudahnya. Sebuah studi dari University of Bristol menemukan bahwa kafein dapat membantu meringankankan stres.

Anda juga dapat melakukan hal – hal lainnya yang dapat mengalihkan perhatian anda dari urusan kantor untuk sejenak. Hal ini dapat memberikan bantuan psikologis saat anda mengalami stres.

Fokuskan Pikiran Dan Buatlah Prioritas

Dr Tanya Bernstein dai Priory Hospital, London mengatakan bahwa dengan memfokuskan pikiran, emosi, dan perasaan akan membuat otak dalam kondisi tenang dan membantu meredakan stres. Dalam kondisi ini, anda dapat melihat berbagai masalah yang sedang anda hadapi dengan tenang dan dapat membuat prioritas terpenting untuk menyelesaikan masalah – masalah yang anda hadapi.

Berhubungan Seks

Menurut para peneliti dari Cornell University, berhubungan seks terbukti baik untuk pikiran maupun tubuh. Hal ini disebabkan oleh hormon beta endorfin yang dihasilkan saat orgasme, yang diyakini merupakan senyawa alami untuk melawan stres.

Lakukan Pekerjaan Rumah

Umumnya stres akan memengaruhi waktu tidur anda. Karena pada saat anda stres, pikiran anda akan terbebani dan membuat anda menjadi sulit tidur. Dan kekurangan jam istirahat akan membuat anda semakin stres. Untuk itu, cobalah untuk berada dalam kondisi rileks saat menjelang tidur.

Bila tips ini kurang efektif, cobalah melakuakn pekerjaan rumah sehari-hari, seperti menyetrika baju dan menyapu rumah. Menurut penulis buku Stress Management Made Simple, Jay Winner, melakukan gerakan berulang-ulang bisa membuat anda lebih tenang dan menahan pikiran yang membuat anda stres.

error: Content is protected !!