BNPB Berserta PVMBG Masih Terus Mengamati Aktivitas Gunung Agung

Be Sociable, Share!
BNPB Berserta PVMBG Masih Terus Mengamati Aktivitas Gunung Agung

BNPB Berserta PVMBG Masih Terus Mengamati Aktivitas Gunung Agung. Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan bahwa Gunung Agung yang berada di Karangasem, Bali.

Menurutnya Gunung Agung belum tentu meletus . Namun dirinya juga menuturkan hasil pengamatan yang berlangsung kemungkinan potensi Gunung Agung meletus memang kuat.

“Data dari satelit ada inflasi atau penggembungan tubuh dari Gunung Agung karena ada penggelembungan energi. Ini terlihat dari data satelitnya,” ucapnya

Sutopo pun menjeleskan, menurut dia, tanda-tanda Gunung Agung akan meletus memang menguat. Berdasarkan pantauan satelit dan di sertakan pengamatan yang berlangsung oleh BNPB dan PVMBG, untuk proses yang terjadi di dalam kawah Gunung Agung sudah memang aktif.

Kemungkinan untuk kedepan akan meletus, beberapa hari lalu terlihat asep putih membumbung dari kawah Gunung Agung,  Untuk sekarang sudah tidak  namun di dalam perut Bumi Magma masih terus aktif

Untuk iProses evakuasi warga terus berlangsung sampai sekarang dengan mejangkaukan kelokasi zona aman, Diketahui terdapat 62 ribu jiwa yang tinggal di lokasi Zona Merah yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana yang berada di Gunung Agung, Kami Evakuasi dalam radius aman maupun ribuan ternak pemilik pengungsi.

“Radius 9 km dan ditambah 12 km dari sektor utara, timur laut, tenggara, selatan, barat daya harus kosong. Bahaya terjadi ledakan. Awan panas aliran larva guguran batu lantaran batu pijar dan abu. Ada 62 ribu jiwa yang harus dievakuasi dari radius yang harus dikosongkan dan ribuan ternak,” ujar Sutopo.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  telah membantah isu yang beredar mengenai akan meletusnya Gunung Agung. Pengakuan tersebut disampaikan Kepala PVMBG Kasbani pada Minggu, malam 24 September 2017.

PVMBG menegaskan, melihat tanda-tanda aktivitas gunung api yang terekam secara visual maupun instrumental. Dari Kesimpulan pengamatan tersebut kemungkinan adanya potensi Gunung Agung meletus.

“Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunung Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus,” ujar Kasbani.

Menurutnya baik PVMBG maupun seluruh ahli gunung api yang berada di dunia, Masih belum ada yang mampu memastikan kapan Gunung akan meletus.

detiktribun

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!