Divestasi Saham PT Freeport Indonesia Ke Pemerintah Indonesia

Be Sociable, Share!

Pemerintah Indonesia akhirnya telah berhasil mencapai kesepakatan dengan raksasa tambang emas di papua, PT Freeport Indonesia. Salah satu dari 4 poin yang disepakati dalam perundingan adalah divestasi saham PT Freeport Indonesia kepada pemerintah Indonesia sebesar 51 persen. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan bahwa mekanisme divestasi nantinya akan diatur oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Namun demikian, divestasi saham Freeport pada akhirnya akan mengarah kepada holding pertambangan. Menteri Rini menyatakan kesanggupannya apabila hal tersebut yang akan terwujud dari hasil perundingan. Hal ini disampaikan berdasarkan pada kondisi keseluruhan holding pertambangan yang telah dipertimbangkan oleh Kementrian BUMN.

Meskipun demikian, Rini mengakui bahwa kondisi terbaik adalah apabila holding pertambangan sudah terbentuk. Menurut Rini, dengan adanya holding pertambangan, maka seluruh pertambangan bisa berada dalam satu kendali. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dalam banyak hal. Bila tidak, maka pemerintah harus mencari alternatif lain.

Diketahui, pada akhir pekan lalu, dalam perundingan antara Kementerian ESDM dengan PT Freeport Indonesia, telah disepakati bahwa PT Freeport Indonesia akan melakukan divestasi saham sebesar 51 persen untuk diserahkan kepada pemerintah Indonesia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan, mengatakan bahwa hasil perundingan ini sesuai dengan apa yang telah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo. Dimana instruksi tersebut mengedepankan kepentingan nasional, terutama kepentingan rakyat Papua. Tidak lupa juga untuk mendukung kedaulatan negara dalam pengelolaan sumber daya alam seperti tertera dalam UUD 1945. Hasil dari perundingan ini juga diarahkan untuk menjaga iklim investasi di Indonesia agar tetap kondusif.

Divestasi saham merupakan salah satu dari empat poin kesepakatan antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia untuk kelangsungan usaha perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini di Indonesia. Adapun Aturan mengenai divestasi saham tercantum dalam PP Nomor 1 Tahun 2017 tentang perubahan keempat Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara. Proses divestasi 51 persen saham Freeport ini merupakan momentum bagi pemerintah untuk memperbaiki tata kelola sumber daya alam Indonesia.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!