Donald Trump Minta Korea Utara Buat Kesepakatan Pelucutan Senjata Nuklir

Be Sociable, Share!
Donald Trump Minta Korea Utara Buat Kesepakatan Pelucutan Senjata Nuklir

Donald Trump Minta Korea Utara Buat Kesepakatan Pelucutan Senjata Nuklir. Presiden Amerika Serikat mendesak kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk segera membuat kesepakatan dengan negaranya mengenai perlucutan senjata nuklir.

Menurutnya, Jika tidak Dirinya mengancam bahwa nasib Kim Jong-un yang memegang kekuasaan Korea Utara akan berakhir seperti mendiang Muammar Khadafi Eks Presiden Libya.

Pernyataan tersebut disampaikan Trump ssat berada di Gedung Putih Kamis, 17 Mei, saat  pers memintanya berkomentar mengenai seputar usulan yang disampaikan oleh Penasihat Kepresidenan bidang Keamanan Nasional, John Bolton.

sebelumnya Penasihat Kepresidenan bidang Keamanan Nasional, John Bolton mengatakan bahwa ‘Model Libya’ akan menjadi contoh bagi AS untuk bernegosiasi dengan Korea Utara. Pernyataan tersebut akan di lakukan pada 12 Juni nanti. Saat AS dengan Korea Utara bertemu di Singapura nanti.

Model Libya yang di Bolton merujuk pada perjanjian yang dibuat antara AS dengan Khadafi pada Desember 2003. Dimana diktator Libya tersebut diwajibkan untuk melucuti program senjata nuklirnya. Maupun menyerahkan teknologi pengayaan uranium (enriched uranium). Yang merupakan bahan baku utama dari senjata nuklir kepada AS.

Namun, Trump tidak menyadari tentang perjanjian itu dan menafsirkan ‘model Libya’ yang disebut  John Bolton adalah Khadafi. Bebeda dengan yang disampaikan Bolton sebagai intervensi NATO terhadap rezim Khadafi pada tahun 2011.

Diketahui NATO mendukung dan membantu kelompok oposisi yang berusaha untuk menggulingkan Khadafi. Pada akhirnya, Khadafi berhasil digulingkan dan tewas di tangan pemberontak di Tripoli.

“Jika dilihat model yang diterapkan pada Khadafi, model itu adalah penumpasan total terhadap rezim dan Khadafi. Kami datang ke sana dan mengalahkannya,” ucap Donald Trump

“Sekarang, model seperti itu akan diterapkan terhadap Kim Jong-un dan Korea Utara. Jika kita tidak mencapai kesepakatan mengenai persoal denuklirisasi dan perlucutan senjata.

“Namun jika kita bersama membuat kesepakatan itu, Kim Jong-un akan menjadi orang yang paling bahagia

“Jika kesepakatan itu tercapai Kim Jong-un akan tetap di sana. Ia tetap akan memerintah negaranya. Dan negaranya akan menjadi kaya,” ucap Trump.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!