Donald Trump Terima Kesepakatan Dengan Korut Mengenai Program Nuklir

Be Sociable, Share!
Donald Trump Terima Kesepakatan Dengan Korut Mengenai Program Nuklir

Donald Trump Terima Kesepakatan Dengan Korut Mengenai Program Nuklir. Presiden Donald Trump menyampaikan pernyataan melalui media sosial Twitter, Trump menuliskan, bahwa kesepakatan dengan Korea Utara tengah dalam proses.

Pernyataan tersebut dirilis Trump sehari setelah ia mengungkapkan kesediaan dirinya untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Gedung Putih telah menegaskan bahwa pertemuan antara Donald Trimp dengan Kim Jong-un tersebut hanya akan terjadi bila Korea Utara yang di pimpin Kim Jong-un mengambil “langkah konkret” mengenai penghentian program senjata nuklirnya.

Sebelumnya Trump telah membuat keputusan tanpa bertemu atau berkonsultasi lebih dulu dengan sejumlah tokoh di pemerintahannya.

Dalam sejarah belum pernah pemimpin Amerika Serikat dengan Korea Utara terjadinya pertemuan dan membahas perundingan nuklir

Diketahui, Trump mengejutkan para pengamat saat ini, dengan menyatakan dirinya setuju memenuhi undangan untuk bertemu dengan Kim Jong-un.

Undangan tersebut disampaikan oleh delegasi Korea Selatan saat Korea Selatan melakukan pertemuan dengan pemimpin Korut

Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, tidak berada di tempat, saat Trump merilis pernyataannya melalui Twitter. Diketahui Tillerson sedang dalam lawatan resmi perdananya ke Afrika.

Sebelumnya,  Tillerson menjelaskan pada wartawan bahwa keputusan untuk bertemu dengan Kim Jong-un diambil sendiri oleh Trump.

“Saya bicara dengannya Trump pada pagi ini tentang keputusan itu dan kami berdialog dengan baik,” tutur Tillerson.

Tillerson pun dikabarkan membatalkan seluruh acara resminya di Kenya. Staf Tillerson mengatakan bahwa Menlu AS tersebut “merasa dalam kondisi kurang baik setelah beberapa hari berkutat dengan sejumlah isu utama, seperti Korea Utara”.

Delegasi Korea Selatan yang di  pimpin Chung Eui yang belum lama ini bertemu dengan Kim Jong-un di Pyongyang mengatakan bahwa Korea Utara berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi sebagai tujuan akhir.

Namun, tidak ada pernyataan bahwa langkah tersebut akan dimulai sebelum pertemuan dengan AS. Akan tetapi, lewat pernyataannya di Twitter, Trump memastikan bahwa Korea Utara berkomitmen untuk tidak melakukan uji coba rudal selama proses pembicaraan berlangsung. Ia menyatakan percaya dengan janji Korea Utara.

detiktribun

 

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!