Dua Pesawat SU30MKK China Menghadang Pesawat WC135 Amerika Serikat

Be Sociable, Share!
Dua Pesawat SU30MKK China Menghadang Pesawat WC135 Amerika Serikat

Dua Pesawat SU30MKK China Menghadang Pesawat WC135 Amerika Serikat. Pencegatan tersebut berada di  Laut China Selatan.

Diketahui salah satu jet tempur China tersebut mendekat dalam jarak 45 Meter dari pesawar militer Amerika Serikat. Pesawat akhirnya bermanuver di atas pesawar WC 135 dengan berbalik posisi badan menghadap kebawah.

Menurut Washington, Pesawat Militer Amerika berjenis WC135 tersebut tengah bertugas untuk mendeteksi radiasi berada di wilayah Udara Internasional Laut China Timur

Ketengangan dari kedua negara kembali terjadi di karenakan aktivitas AS di perairan Internasional semenanjung Korea.

Juru bicara Angkatan Udara AS Letnan Lori Hodge menyebutkan bawah pencegatan tersebut terjadi pada 17 Mei 2017 dan indakan ini tidak profesional dari pihak pilot China dikarenapan jarak anatara pesawat berdekatan dan melakukan manuver yang membahayakan.

Pihak Amerika pun telah menanyakan hal itu kepaa China. Jarak sedekat itu menunjukan bagaimana Amerika bisa menilai sikap China di udara

Bukan Kali ini saja Amerika Serikat dengan China berselisih di udara. Bebebrapa waktu lalu Pesawat Intai China melakukan manuver dengan jarak yang sangat dekat oleh pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat berada di Laut China Selatan. Bukan hanya itu saja  Dua Tahun lalu Pesawat China melakukan manuver berdekatan dengan pesawat jet Amerika Serikat. Hal tak terduga pesawat saling bertabrakan di pulau Hainan yang mengakibatkan pilot pesawat tempur China tewas dan pesawat AS pun mendarat darurat.

Hodge juga menyebutkan bawah persoalan yang terjadi dulu telah di tanda tanganin berama dengan China. Melalui jalur diplomatik dan militer harus mematuhi perjanjian dari hal tersebut agar tidak terulang kembali.

Pemerintah China menuding bahwa Amerika Serikat melakukan pengintaian di pesisir China. Pihak Beijing pun menegaskan untuk Amerika Serikat menguragi Partroli di kawasan wilayah tersebut. China sendiri sejauh ini mengklaim wilayah nya yang berada di wilayah  bersengketakan di Laut China Selatan dan Timur.

Diketahui wilayah Laut China Selatan di klaim dari berbagai negara nagara Asia Tenggara. Banyak perselisihan di wilayah tersebut, Amerika pun mengirim armada perang di wilayah Laut China dan di tentang oleh China. Bawah hal tersebut bertentangan dengan kedaulatan toritorial batas wilayah

dewadominoqq

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!