EFEK DARI PEMANASAN GLOBAL YANG HARUS DICEGAH AGAR MANUSIA SELAMAT

Be Sociable, Share!

EFEK DARI PEMANASAN GLOBAL YANG HARUS DICEGAH AGAR MANUSIA SELAMAT

EFEK DARI PEMANASAN GLOBAL YANG HARUS DICEGAH AGAR MANUSIA SELAMAT :  Perubahan iklim tak hanya membuat iklim. Di Bumi jadi makin panas dari sebelumnya. Namun banyak dampak yang sudah terjadi. Dengan paparan panas dan rentan terjadinya badai seperti badai maria di Puerto Riko. Kini pemanasan global juga jadi isu kesehatan. Ketakutan para pakar adalah naiknya suhu bumi hingga 5 derajat Celcius di penghujung abad ini.

Oleh karena itu terdapat beberapa dampak nyata yang berbahaya. Sehingga harus kita cegah agar manusia tidak terpapar bahaya pemanasan global. Stress karena panas : Antara tahun 2000 hingga tahun2016. Jumlah orang yang terpapar gelombang panas karena perubahan iklim meningkat hingga 125 juta orang per tahun.  Hal ini masuk akal karena panas yang berlebihan bisa membuat orang pusing dan pingsan. Hal ini bisa menyebabkan permasalahan ginjal karena dehidrasi.

Malnutrisi : Sejak tahun 1990 jumlah orang kurang gizi di 30 negara Asia dan Afrika meningkat dari 398 menjadi 422 juta. Dan pemanasan global adalah penyebabnya. Hal ini disebabkan karena produksi tanaman pangan menurun. Setiap kenaikan suhu sebesar 1 derajat celcius produksi gandum secara global turun 6 persen. Dengan kenaikan suhu yang sama bahkan produksi padi akan turun 10 persen.

Bencana alam : Rata-rata ada 306 bencana yang berhubungan dengan cuaca per tahunnya. Hal ini meningkat 46 persen sejak tahun 2000. Cuaca ekstrim seperti banjir dan badai jadi hal yang lebih sering ditemui di negara-negara yang rentan. Banjir dapat menyebabkan pelebaran penyakit bawaan air dan nyamuk. Dan badai bisa merusak produksi pangan dan masyarakatnya terdampak malnutrisi.

Penyakit menular : Tingkat penularan beberapa penyakit yang dibawa oleh nyamuk sangat meningkat pesat. Nyamuk akan lebih suka disuhu panas dan suhu lebih hangat ini memperluas ekspansi nyamuk. Keterpaksaan migrasi : Sedikitnya 4.400 orang di berbagai penjuru dunia terpaksa bermigrasi karena perubahan iklim.

Para ilmuwan memprediksi bahwa 1 milyar orang akan bermigrasi dipenghujung abad ini. Konflik perang kemiskinan akan dihadapi imigran yang datang.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!