Facebook Dan Instagram Mengalami Gangguan

Facebook dan Instagram mengalami permasalahan pada Sabtu (26/8/2017) pagi  dan minggu (27/8/2017) sore lalu. Sejumlah pengguna Facebook dan Instagram menyampaikan keluhan bahwa mereka tidak dapat mengakses akun mereka. Ada juga sebagian orang yang melaporkan berbagai masalah terkait media sosial mereka.

Diantara permasalahan yang telah dilaporkan, pada akun Facebook umumnya kesulitan untuk memuat komentar pada unggahan ataupun mengunggah komentar pada unggahan rekan atau milik pengguna. Sementara pada Instagram, permasalahan umumnya terjadi kesulitan dalam memuat feed pada aplikasi serta buffer yang terjadi saat memutar Instagram Stories. Gangguan ini dialami baik bagi mereka yang memakai Facebook versi mobile maupun versi website.

Menanggapi hal ini, Facebook telah merilis pernyataan yang menyebut permasalahan tersebut merupakan permasalahan teknis dan layanan telah diperbaiki. Juru bicara Facebook juga mengatakan bahwa masalah yang sedang terjadi tersebut adalah permasalahan teknis dan perusahaannya sedang mencoba mengembalikan semua layanan kepada siapapun.

Menurut DownDetector, Facebook mengalami permasalahan sejak pukul pagi hari. Hal ini mengakibatkan 38 persen pengguna tidak dapat mengakses akun mereka, sedangkan 38 persen lain mengalami kesulitan untuk mengakses Facebook secara keseluruhan, dan 22 persen pengguna lain tidak dapat mengakses foto mereka.

Sementara untuk Instagram, ada sekitar 8000 pengakses situs Down Detector yang melaporkan permasalahan terkait jejaring tersebut. 44 persen melaporkan news feed yang tak bisa diperbarui dan 28 persen melaporkan masalah login.

Pada puncaknya, lebih dari 9.600 pengguna Facebook mendaftarkan permasalahan mereka dengan DownDetector. Peta langsung menampilkan keluhan pengguna Facebook masih berdatangan dari semenanjung timur dan barat Amerika Serikat, serupa dengan bagan Instagram yang dihimpun oleh DownDetector. Namun gangguan ini juga dialami di seluruh belahan dunia.

Akibat downnya Facebook dan Instagram ini, tagar #facebookdown pun sempat menjadi trending di Twitter. Banyak pengguna Facebook dan Instagram yang mengeluhkan gangguan ini lewat social media Twitter.

Pada April 2012 lalu, Facebook membeli Instagram dengan nilai transaksi sebesar 1 miliar US dollar (13,3 triliun rupiah). Saat itu, nilai transaksi pembelian tersebut menjadi transaksi termahal yang pernah dilakukan raksasa media sosial tersebut.

Namun, nilai tersebut menjadi jauh lebih kecil ketika dibandingkan dengan nilai transaksi yang telah dibayar oleh Facebook untuk mengakuisisi WhatsApp dengan nilai sebesar 21 miliar US dollar (280 triliun rupiah). Facebook menyelesaikan Kesepakatan tersebut pada Oktober 2014 dengan menggunakan metode pembayaran kombinasi antara uang tunai dan saham.

error: Content is protected !!