Gempa 6.4 Skala Richter Melanda Aceh

Gempa bumi 6,4 Skala Richter (SR) di Kabupaten Pidie Jaya terasa kuat di Kabupaten Bireuen, Aceh. Peristiwa gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 05.03 WIB (7/12/2016). Banyak korban luka-luka maupun korban meninggal dunia akibat gempa ini. Bangunan pun ada yang rubuh dan rusak akibat gempa tersebut. Tim Basarnas Aceh sudah dikerahkan ke lokasi yang terkena dampak gempa.

Kepala Bagian Humas Tim Basarnas Marsudi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membantu evakuasi. Marsudi belum membeberkan jumlah personel yang membantu di lokasi, dia memastikan timnya sudah ada di lokasi.

Sejumlah bangunan roboh akibat gempa bumi tersebut. Menurut Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, alat – alat berat dikerahkan untuk mengevakuasi para korban yang tertimbun reruntuhan bangunan. Sejumlah bangunan dan fasilitas umum pun mengalami kerusakan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sejauh ini ada 25 orang meninggal dunia. Informasi tersebut disampaikan BNPB melalui akun Twitter resminya @BNPB_Indonesia. Nama-nama korban meninggal menurut BNPB di antaranya Abdul Gani (80 tahun, laki-laki), Sofyan (laki-laki), Mutiawati (perempuan), Fathir (laki-laki). Identitas korban meninggal lainnya belum diungkap karena masih dalam pendataan. Selain 25 orang meninggal dunia, BNPB mencatat ada 26 orang luka berat. Identitas seluruh korban masih dalam pendataan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menyampaikan dukacita akibat bencana ini. Dia memerintahkan aparat untuk bergerak ke lokasi dan melakukan penanganan cepat pasca gempa ini. Menurut Juru Bicara Presiden Johan Budi, Presiden sudah memberikan instruksi ke jajaran Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan langkah penanganan bersama pemerintah setempat. Sebelumnya, Presiden sudah memerintahkan secara langsung kepada Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki untuk meninjau lokasi pasca gempa.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat berdiskusi soal gempa di Pidie. Gempa di Pidie akan dibahas dalam ratas (Rapat Terbatas) kabinet hari ini. JK memperkirakan kerusakan di level kabupaten cukup berat. Soal siapa yang akan berangkat ke Pidie akan diputuskan dalam rapat terbatas. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan bahwa JK meminta semua aparat untuk bergerak melakukan evakuasi.

error: Content is protected !!