Hanya Ada 4 Warna Paspor Di Dunia

Mungkin anda tidak pernah menyangka, bahwa ternyata hanya ada empat warna paspor di seluruh dunia. Adapun keempat warna itu adalah merah, biru, hijau, dan hitam. Setiap negara memiliki alasan tersendiri untuk memilih satu dari 4 warna yang ada sebagai warna sampul paspor negaranya.

Setiap warna dari paspor tersebut mencerminkan katergori tertentu dari negara yang menggunakannya. Warna paspor ini juga dipengaruhi oleh kondisi politik, agama, dan geografis sebuah negara. Sehingga, warna paspor dari sebuah negara dapat mencerminkan identitas negara yang menggunakannya. Warna paspor yang umum di dunia adalah warna merah dan biru.

Pemerintah setiap negara berhak untuk memilih warna paspor masing – masing. Pemilihan warna ini umumnya berdasarkan beberapa hal yang menjadi identitas suatu negara. Namun negara – negara yang memiliki warna paspor yang sama, belum tentu memiliki nilai yang sama di mata negara lainnya. Seperti paspor Amerika Serikat dan Suriah. Kedua negara ini memiliki warna paspor yang sama, yakni biru. Namun warga Suriah hanya bisa masuk ke 32 negara tanpa visa. Sedangkan warga AS dapat masuk ke 174 negara tanpa visa.

Berikut adalah pembahasan singkat mengenai keempat warna paspor yang ada di dunia.

Paspor Merah

Merah adalah warna yang umum digunakan oleh berbagai negara di dunia. Paspor dengan sampul berwarna merah ini, sering dipilih oleh negara – negara yang menganut paham komunis seperti Slovenia, Tiongkok, Serbia, Rusia, Latvia, Rumania, Polandia, dan Georgia. Negara – negara di Uni Eropa, terkecuali Kroasia, juga menggunakan sampul berwarna burgundy dan varian warna merah lainnya. Selain Uni Eropa, komunitas Negara Andes seperti Bolivia, Kolombia, dan Peru juga menggunakan paspor dengan warna varian merah.

Paspor Biru

Biru juga menjadi warna yang umum digunakan berbagai negara sebagai warna sampul paspornya. Warna Biru ini melambangkan negara – negara ‘Dunia Baru’. 15 negara di Kepulauan Karibia menggunakan warna biru sebagai warna sampul paspor mereka. Negara – negara di Amerika Selatan seperti Brasil, Argentina, dan Paraguay juga menggunakan paspor berwarna biru.

Paspor Hijau

Warna Paspor Hijau umumnya dipakai oleh negara – negara Muslim. Maroko, Arab Saudi, dan Pakistan menggunakan paspor dengan sampul warna hijau. Warna hijau ini dianggap sebagai warna favorit dari Nabi Muhammad. Warna ini juga merupakan simbol dari alam dan kehidupan. Beberapa negara di Afrika Barat seperti Burkina Faso, Nigeria, Niger, Pantai Gading, dan Senegal juga menggunakan paspor berwarna hijau. Negara – negara ini menganggap bahwa warna hijau melambangkan ECOWAS (Economic Community of West African States).

Paspor Hitam

Paspor dengan warna hitam adalah paspor yang paling jarang ditemukan. Beberapa negara di Afrika yang menggunakan warna hitam sebagai sampul paspor negaranya. Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, dan Malawi adalah beberapa negara di Afrika yang menggunakan paspor warna hitam. Selandia Baru juga menggunakan paspor berwarna hitam. Negara ini menggunakan paspor berwarna hitam dengan alasan bahwa warna hitam adalah warna nasional dari negara tersebut.

Berikut adalah peta warna paspor dari negara-negara di seluruh dunia.

error: Content is protected !!