Inovasi PT Pertamina Hasilkan Peningkatan Signifikan

Direktur Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, dan Umum Pertamina, Dwi Wahyu Daryoto, mengatakan bahwa pada tahun 2016 lalu, PT Pertamina berhasil melakukan penghematan baik secara langsung maupun tidak langsung yang menghasilkan penciptaan nilai atau value creation sebesar 26 triliun rupiah. Hal ini disampaikannya pada acara Annual Pertamina Quality (APQ) Award 2017.

Menurutnya, kondisi ini didapat dari inovasi dan perbaikan berkelanjutan yang telah dilakukan oleh Pertamina. Ia juga mengatakan bahwa budaya perbaikan berkelanjutan merupakan sarana strategis bagi Pertamina dalam menciptakan kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan daya saing. Dwi yakin bahwa Pertamina bisa menjadi World Class Energy Company di tahun 2025 nanti.

Di tengah bisnis migas yang masih belum stabil, para pekerja Pertamina terus menghasilkan penciptaan nilai yang signifikan bagi perusahaan pelat merah ini. Hal ini tentunya berasal dari berbagai inovasi dan perbaikan berkelanjutan yang diterapkan dalam bisnis Pertamina sehari – hari. Upaya ini terbukti menghasilkan dengan penciptaan nilai sebesar 26 triliun pada tahun 2016. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 155% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2015 penciptaan nilai pada PT Pertamina hanya 10,2 triliun rupiah. Pertamina berhasil membukukan angka tersebut karena selain dari saving cost, penciptaan nilai juga dicatatkan berasal dari additional revenue yang merupakan hasil dari Continuous Improvement Program (CIP).

Vice President Quality, System, and Knowledge Management Pertamina, Faisal Yusra, mengharapkan kegiatan Forum Presentasi CIP yang sudah berlangsung sejak Sabtu, 11 Maret 2017, dapat mendorong pengembangan budaya berbagi pengetahuan, serta menyelesaikan masalah pekerjaan dan menuangkan ide inovasi dengan metode continuous improvement program secara berkelanjutan. Ia juga menambahkan, inovasi insan mutu PT Pertamina sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak tingkat nasional maupun internasional dalam berbagai forum.

Selama tahun 2016, insan mutu Pertamina memperoleh beberapa penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa pencapaian insan mutu PT Pertamina di tahun 2016 lalu.

  • Di ajang International Convention on Quality Control Circles (ICQCC) yang diselenggarakan di Bangkok pada 24 – 25 Agustus 2016, insan mutu Pertamina memperoleh 8 emas dan 1 perak.
  • Dalam The International Exposition of Team Excellence Symposium (IETEX) yang diadakan di Singapura pada 26 – 27 September 2016, lima tim memperoleh tiga bintang dan dua bintang serta satu tim memperoleh Best of The Best (Platinum dan tiga bintang).
  • Pada Asia Pacific Quality Organization (APQO) Conference ke-22 yang diadakan di Energy Event Centre – Rotorua, New Zealand pada 21-22 November 2016, lima tim mendapatkan tiga bintang dan 2 special awards yakni Best Impact on Productivity dan Best Presentation serta Overall Champion.
error: Content is protected !!