Israel Larang Warga Negara Indonesia Memasuki Negaranya

Be Sociable, Share!
Israel Larang Warga Negara Indonesia Memasuki Negaranya

Israel Larang Warga Negara Indonesia Memasuki Negaranya. Pemerintah Israel melarang wisatawan berkewarganegaraan Indonesia memasuki negaranya mulai 9 Juni 2018. Kebijakan tersebut menjadi sebagai aksi balasan atas penangguhan visa bagi warga Israel yang ingin masuk ke Indonesia.

Penundaan permohonan visa warga negara Israel ke Indonesia berbuah langkah serupa dari pemerintah Israel. Negara itu kini mengeluarkan larangan masuk bagi turis warga negara Indonesia.

Diketahui Indonesia dengan sangat keras mengutuk aksi brutal oleh tentara Israel terhadap para pendemo Palestina  di dalam peristiwa peringatan 70 tahun Hari Nakba (Bencana) di perbatasan jalur Gaza.

Dalam pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nahshon menyampaikan bahwa. Negaranya berusaha membuat Indonesia membatalkan keputusan penundaan visa bagi orang Israel itu.

Namun upaya tersebut gagal dan mereka menerapkan larangan bagi warga negara Indonesia.

Indonesia maupun Israel tidak mempunyai hubungan diplomatik, namun kedua negara sudah menjalin kerja sama ekonomi. Turis dari Israel bisa datang ke Indonesia dengan visa sementara atau visa bisnis. Awal bulan ini beredar kabar Indonesia mengabulkan permohonan visa warga Israel sebelum adanya penundaan tersebut.

Setiap tahun ribuan muslim, termasuk dari Indonesia mengunjungi masjid Al-Aqsa dengan visa khusus.

Kementerian Ekonomi Israel menyampaikan adanya peningkatan signifikan kerja sama perdagangan antar kedua negara sebesar sekitar USD 500 juta per tahun pada tahun 2015. Produk ekspor Indonesia ke Israel terutama adalah plastik, kayu, tekstil, minyak sawit, batu bara.

Sebelumnya Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyerukan agar Indonesia  menjalin hubungan formal dengan Israel.

Kementerian Luar Negeri Israel  pun mengungkapkan. Pada 2016 pejabat Israel sudah bertemu secara diam-diam dengan pejabat Indonesia mengenai peningkatan  hubungan antar kedua negara.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyampaikan bahwa pelarangan pemegang paspor Indonesia memasuki wilayah Israel bukan unsur politik Dikarenakan setiap negara berhak menolak visa dari suatu negara.

“Tidak (bermotif politik),” kata Retno

Demi mengatasi hal tersebut, Dirinya sudah berkoordinasi dengan Menkumham Yasonna Laoly.Dirinya akan kembali mengadakan pertemuan dengan Menkumham

“Karena ini adalah masalah teknis visa yang menjadi kewenangan Pak Menkumham, jadi besok saya berjanji atau memiliki janji dengan Pak Menkumham untuk bertemu kembali. Jadi sekali lagi ini masalah teknis visa yang menjadi kewenangan dari Pak Menkumham,” tegasnya

Kemarin rapat kerja Kementerian Luar Negeri dan Komisi I telah membahas mengenai larangan warga Indonesia masuk wilayah Israel. Namun rapat itu berlangsung tertutup.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!