Kapal Perang AS Latihan Dekat Sengketa Laut China Selatan

Be Sociable, Share!
Kapal Perang AS Latihan Dekat Sengketa Laut China Selatan

Kapal Perang AS Latihan Dekat Sengketa Laut China Selatan Diketahui bawah jarak latihan tersebut Sekitar 20 Kilometer dari titik lokasi sengketa. Peristiwa terjadi pada Minggu 2 Juli 2017 waktu setempat

Menurut pantauan tersebut Angkata Laut Amerika Serikat sedang melakukan latihan kebebasan navigasi yang berada di sekitar Pulau Triton di Wilayah kepulauan Paracel yang di klaim oleh Tiongkok maupun Vietnam.

Dalam latihan tersebut Angkatan Laut Amerika Menggunakan Kapal Perusak USS Sthethem yang di klaim dalam teritorial wilayah China. Namun dalam Klaim Tersebut pihak Amerika tidak mengaku bahwa hal tersebut. Pentagon pun menloka untuk berkomentar mengenai latihan tersebut.

Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) dari institut penelitian CSIS menyampaikan bawah Beijing telah melakukan peningkatan dalam pembangunan pangkalan militer di wilayah sengketa.

Telihat Infrastruktur tersebut yang baru baru ini di klaim China telah memperluas fasilitasnya dengan membangun helipad dan lain sebagainya.

Komandan tertinggi AS di Pasifik, Laksamana Harry Harris mengangapi prihal tersebut pulau pulau buatan yang di bangun china tidak harus di tanggapi. Dirinya menyakini bawah China membangun kekuatan militer untuk mengambil keuntungan dalam menekan dan menegaskan kedaulatan de facto yang di sengketakan di Laut China Selatan.

Menurut Juru bicara Armada Pasifik Matt Knight driinya tidak bisa memastikan latihan navigasi yang di lakukan Angkatan Laut Amerika Serikat. Namun dirinya menegaskan bawah latihan kebebasan navigasi merupakan latihan rutin dari operasi Angkatan Laut Amerika Serikat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lu Kang menyebutkan bawah pihaknya telah mengirim kapal dan pesawat tempur. Da;a, menanggapi tindakan Amerika Serikat

Luar Negeri China Lu Kang meminta kepada Amerika Serikat untuk menghentikan tingkah tindakan provokatif dalam melanggar kedaulatan dan mengancam keamanan China.

Lu menambahkan, Beijing akan mengambil semua sarana yang diperlukan untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanan nasional.

Diketahui juga Negeri Paman Sam Menggambil sejumlah langkah yang membuat jengkel pihak Beijing. Dimana pihak Washington menjatuhkan sanksi terhadap entitas China. Dikarenakan China berbisnis dengan Korea Utara dan Amerika pun juga setuju menjual senata ke pihak Taiwan.

dewadominoqq

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!