KASUS PENISTAAN AGAMA OLEH AHOK HINGGA DI BUI 2 TAHUN

Be Sociable, Share!

KASUS PENISTAAN AGAMA OLEH AHOK HINGGA DI BUI 2 TAHUN

KASUS PENISTAAN AGAMA OLEH AHOK HINGGA DI BUI 2 TAHUN : Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok divonis dua tahun penjara ats kasus penistaan agama lalu. Kini Ahok masih mendekam di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok. Kasus yang menyeret Ahok bermula ketika mantan politikus Golkar dan Gerindra ini. Melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu Jakarta pada 27 September 2016 lalu. Disana dia menggelar dialog dengan masyarakat setempat sekaligus menebar 4.000 benih ikan.

Dalam video resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Youtube Ahok meminta warga tidak khawatir terhadap kebijakan yang diambil pemerintahannya jika dia tak terpilih kembali. Namun dia menyisipkan Surah Al Maidah ayat 51. Rupanya kalimat yang disampaikannya menuai polemik. Semua media online bernama MediaNKRI menyebarkan video tersebut melalui media sosial. Hal itu juga memantik perhatian seorang dosen Buni Yani.

Buni lantas mendowload video tersebut menerjemahkannya dan menggugahnya kembali lewat akun facebook miliknya. Unggahan Buni Yani lantas menjadi viral dan dia jadi tersangka memantik permusuhan bernuansa suku agama dan ras. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan video Ahok. Yang menyinggung Surah AL Maidah 51 saat berbicara di Pulau Seribu adalah penistaan agama. Setelah melakukan kajian MUI menyebut ucapan Ahok memiliki konsekuensi hukum.

Fakta MUI itu membuat sejumlah umat Muslim juga melaporkan Ahok ke polisi. Mereka menganggap Ahok telah melakukan penistaan agama melalui kata-katanya salah satunya Front Pembela Islam (FPI). Dibawah kepemimpinan Muhammad Rizieq Syihab FPI menjadi garda terdepan untuk meminta aparat kepolisian mengusut tuntas kasus tersebut. Mereka menggelar demo di depan Balai Kota DKI Jakarta pada 14 Oktober 2016 lalu.

Pada sidang ke 21 yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Kementerian Pertanian Jakarta Selatan ini. Dipimpin Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto. Ahok divonis lebih berat dari tuntutan. Dalam penuturan Ahok dituntut satu tahun penjara dengan dua tahun percobaan. “Terbukti secara sah melakukan tindak pidana penodaan agama penjara 2 tahun,” kata dwiarso.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!