Kelompok Houthi Klaim Hancurkan Pembangkit Nuklir Uni Emirat Arab

Be Sociable, Share!
Kelompok Houthi Klaim Hancurkan Pembangkit Nuklir Uni Emirat Arab

Kelompok Houthi Klaim Hancurkan Pembangkit Nuklir Uni Emirat Arab. Milisi Houthi yang berada di  Yaman mengklaim pada hari Sabtu 2 Desember 2017. Nahwa kelompoknya telah menembakan rudal kendali ke sebuah pembangkit listrik bertenaga nuklir yang sedang dibangun di wilayah Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Penyataan tersebut tertera pada situs resmi Houthi,Di dalam Situs tersebut juga menjelaskan bahwa rudal tersebut telah berhasil menghancurkan target.

Peluncuran rudal itu diklaim oleh Houthi sebagai aksi balasan terhadap blokade laut dan udara. Yang dilakukan oleh Arab Saudi dan koalisi maupun kelompok yang pro Presiden Yaman Abdrabbuh Mansour Hadi. Diketahui Blokade itu telah terjadi sejak akhir November lalu.

Blokade tersebut, memberikan dampak bagi para warga pro Houthi maupun warga biasa yang tingal di wilayah Yaman dan untuk melakukan langkah selanjutnya, Akibat Blokade tersebut kelaperan maupun air bersih di yaman semakin meningkat

Penembakan Rudal yang di lakukan Pro Houthi di bantah keras, Menilai kabar tersebut sebagai sebuah upaya propaganda. Media pemerintah UEA, WAM membantah peluncuran rudal tersebut.

Media itu juga membantah misil kendali yang diklaim Houthi telah berhasil menghancurkan sebuah reaktor PLT Nuklir di Barakah, Abu Dhabi.

Menambahkan lewat Twitter resminya, WAM menulis bahwa. Unit Emirat Arab memiliki sistem pertahanan udara yang mampu mengatasi berbagai ancaman. Ketika rudal masuk otomatis akan di halau oleh pihak kemanan UEA. Dan dalam keteranannya menyebutkan bahwa proyek reaktor nuklir yang berada di Barakah tetap aman dan berjalan dengan normal.

Kelompok Houthi Klaim Telah Hancurkan PLT Barakah. Menurutnya klaim peluncuran rudal tersebut merupakan kali kedua yang dilakukan oleh Houthi sepanjang tahun 2017. Menurutnya Klaim semacam itu seakan merupakan cara Houthi untuk merespons operasi serangan udara yang dilakukan oleh koalisi Hadi dan Saudi di Yaman.

Koalisi Hadi saudi dan koalisi telah menargetkan pemberontak Houthi melalui serangan udara. Sebagai balasan, Diketahui Houthi pun kerap meluncurkan sejumlah rudal balistik ke wilayah Saudi. Namun dapat di hadang oleh kekuatan pertahanan saudi.

Meski tak strategis dan hanya menimbulkan sedikit kerusakan, ancaman rudal Houthi menimbulkan kecemasan bagi para warga Saudi. Klaim-klaim bermuatan propaganda seperti yang dilakukan pada reaktor PLT Nuklir Abu Dhabi juga menjadi salah satu opsi yang dilakukan oleh kelompok pemberontak Houthi.

Diketahui PLT Nuklir di Barakah terletak di bagian gurun pasir Abu Dhabi barat. Dekat dengan perbatasan antara Unit Emirat Arab dan Arab Saudi. Proyek yang dibangun oleh Korea Electric Power Coorporation itu akan beroperasi tahun 2018 mendatang.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!