KEPITING SEPANJANG 4 METER INI DIKENAL SEBAGAI PEMBUNUH BERDARAH

KEPITING SEPANJANG 4 METER INI DIKENAL SEBAGAI PEMBUNUH BERDARAH

KEPITING SEPANJANG 4 METER INI DIKENAL SEBAGAI PEMBUNUH BERDARAH : Kepiting laba-laba Jepang. Adalah salah satu kepiting terbesar di dunia dengan panjang 4 meter. Jika kaki-kakinya dibentangkan bisa mencapai 4,5 meter dan bisa memeluk satu mobil. Di jepang kepiting ini dikenal sebagai kepiting pembunuh karena selama ini telah banyak orang yang mati di tangan kepiting ini.

Sejak tahun 1990 sudah tercatat ada 34 nelayan dan 26 wisatawan yang terbunuh oleh kepiting ini di daerah pesisir pantai Yokohama. Kepiting ini bukan hanya naik ke tepi pantai tapi juga menyerang nelayan diatas perahu. Mereka akan perlahan-lahan mendekat tanpa diketahui lalu saat tidak ada persiapan ia membentangkan capitnya menjepit orang lalu diseret ke dalam air.

Tahun 1998 seorang nelayan bernama Shirai Shi buhiro hampir mati akibat di capit kepiting raksasa. saat itu ia sedang berdiri di bagian depan kapal hendak menebar jaring ke laut. Ia pun membungkukkan badannya disisi depan kapal tiba-taba lengan tangannya dijepit dan ditarik ia pun jatuh ke air. Nelayan lain yang melihat bergegas menolongnya. Kebetulan kaki kepiting tersebut tersangkut di jaring untuk sementara waktu tidak bisa melarikan diri.

Pernah juga kejadian seorang nelayan hampir kehilangan tangannya akibat di capit di perairan Osaka. Miura Tsuichi beserta kedua orang temannya tengah berada diatas kapal. Miura sibuk memasang umpan ke pancingnya dan tidak menyadari kalau kepiting tersebut pelan-pelan memanjat keatas kapal dan mencapit lengannya dari belakang. Mereka langsung mengambil golokdan kapak berusaha melukai kepiting itu supaya lepas.

Serangkaian peristiwa ini kemudian menarik perhatian ahli biologi kelautan Jepang. Mereka menyimpulkan bahwa kepiting ini mungkin terpengaruh oleh limbah nuklir yang dibuang ke laut sehingga mereka ukuran tubuhnya pun membesar dan berubah menjadi ganas. Sampai sekarang belum ditemukan cara yang efektif untuk berlindung dari ancaman kepiting ini selain penangkapan secara besar-besaran. Saat masa perkawinan kepiting ini akan bermigrasi dari kedalaman 300 meter ke daerah perairan dangkal.

 

error: Content is protected !!