KOPI KALOSI ENREKANG ADALAH KOPI KHAS YANG BERASAL DARI DAERAH SULAWESI SELATAN

KOPI KALOSI ENREKANG ADALAH KOPI KHAS YANG BERASAL DARI DAERAH SULAWESI SELATAN

Kopi Kalosi Enrekang adalah kopi khas yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Kopi kalosi, yang lebih merincinya berasal dari Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan diyakini memiliki cita rasa dan karakter nikmat yang berbeda dengan jenis kopi lainnya.

Tentunya alasan aroma kopi tersebut disesuaikan dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya misalnya tanaman vanili maka aroma kopinya akan terasa aroma vanili. Rasanya tergantung daerah tumbuh dan kondisi tanahnya. Dari cara sangrainya hingga proses penjemurannya di antara rasa kopinya itu ada rasa madu.

MENGENALKAN KOPI LEWAT FESTIVAL MASSENREMPULU

Menikmati kopi kalosi dari hasil seduhan manual akan lebih berbeda lagi. Pada festival kopi rangkaian dari festival Massenrempulu, kopi kalosi andalan warga Kabupaten Enrekang ini bisa dinikmati secara gratis. Festival kopi ini sendiri akan berlangsung, Minggu, (17/12), di puncak festival Massenrempulu yang berlangsung dari 14 Desember hingga 17 Desember.

Agil Valentino adalah koordinator seksi Festival Kopi Bumi Massenrempulu 2017 menjelaskan bahwa dalam pameran kopi nanti, akan dipamerkan berbagai komoditas kopi Enrekang, mulai dari bahan mentah, proses penyeduhannya dan bisa dinikmati langsung untuk membuktikan nikmatnya kopi yang berasal dari salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia.

“Pameran akan melibatkan para pemilik Cafeshop juga. Tujuannya untuk kenalkan kopi Kalosi Enrekang serta ada pameran perlengkapan perkopian. Nantinya kopi dari kelompok tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) dari tiap kecamatan menjual langsung kopinya di stand pameran, baik itu green bean, kopi bubuk ataupun yang diseduh,” ujar Agil Valentino.

Informasi yang ditambahkan bahwa di antara festival kopi ini, nantinya juga akan diisi kompetisi Brewer Cup. Berbeda dengan kompetisi barista yang menggunakan berbagai alat seduh kopi. Menurutnya, Brewer Cup adalah kompetisi pembuatan kopi dengan manual brew.

Penyelenggaraan festival Massenrempulu selama empat hari ini akan dipusatkan di Lapangan Baraka, Kabupaten Enrekang. Selain festival kopi, festival Massenrempulu yang digelar oleh pemuda penggiat dan komunitas wisata Enrekang ini juga diisi dengan lomba foto Massenrempulu, River Tubing atau kegiatan outdoor yang memacu adrenalin dan happy fun dengan menggunakan peralatan sederhana berupa ban dalam mobil truk, pelampung dan helm pengaman.

 

detiktribun.com

error: Content is protected !!