Korea Utara luncurkan Rudal di Langit Jepang

Be Sociable, Share!

Korea Utara luncurkan Rudal di Langit Jepang

Korea Utara meluncurkan Rudal ( Peluru Kendali) pada selasa pagi,  meluncurkan rudal dari dekat ibukota PyongYang. Yang melintasi wilayah langit jepang dan mendarat di samudera Pasifik dekat lepas pantai Pulau Hokaido.  Militer jepang tidak mengambil tindakan untuk menembakkan peluru kendali  tersebut. Yang berjarak sekitar 3000 km. Yang melesat menuju arah Timur.

Korea-Utara melakukan hal ini pertama kali setelah terakhir melakukannya tahun1998 lalu. Saat itu yang diluncurkan hanyalah kendaraan peluncur satelit , bukan balistik rudal seperti ini. Dengan adanya kejadian ini, pemerintahan Jepang mengumunkan kepada warga agar tetap berhati-hati. Walaupun tidak ada kerusakan yang dilaporkan. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa hal ini merupakan ancaman yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Melanggar Kewajiban dewan resolusi DK PBB

Pemerintahan Indonesia Mengecam uji coba yang dilakukan Korea Utara ini. Dalam siaran pers kementerian luar negri, disebutkan sebagai hal yang bertentangan dengan kewajiban Korea Utara dalam sejumlah resolusi DK PBB. Indonesia mendesak agar sepenuhnya Korea Utara melakukan kewajiban-kewajiban resolusi DK PBB. Indonesia juga mengajak sebagian besar negara untuk ikut berkontribusi dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di semenanjung korea ini.

Hal ini juga sangat membahayakan terhadap keselamatan pesawat dan kapal yang sedang beroperasi. Korea utara sering melakukan uji coba penembakan peluru kendali ini . Namun, sampai melintasi wilayah udara jepang, ini merupakan hal yang pertama kali terjadi. Pada jumat dan sabtu lalu, korut juga menembakkan 3 rudal jarak pendek yang mengarah ke arahsamudera di bagian  timur wilayah mereka.

Beberapa saat sebelum melalukan peluncuran rudal ini, Pemerintahan Amerika Serikat telah melihat aktivitas uji coba persiapan penembakan rudal balistik  dari satelit satelit pemancar dekat wilayah langit mereka. Amerika Serikat dan Korea-Utara bekerja sama untuk melakukan penyelidikan atas kejadian ini. Tampaknya penembakan ruda l ini mencerminkan peningkatan eskalasi ketegangan oleh korea utara yang muncul, yang awal bulan ini mengecam akan menembakkan rudal ke wilayah Guam, Amerika Serikat.

Atas kejadian ini korut menyatakan tengah meluncurkan satelit telekomunikasi, namun Tokyo, Washington dan Seoul percaya Pyongyang sedang melakukan percobaan peluru kendali  antarbalistik.

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!