KPU Umumkan 14Partai Lolos Dalam Pemilu

Be Sociable, Share!
KPU Umumkan  14Partai Lolos Dalam Pemilu

KPU Umumkan  14Partai Lolos Dalam Pemilu. Komisi Pemilihan Umum telah mengumumkan hasil verifikasi faktual partai politik peserta pemilu 2019 mendatang. Dari 16 partai politik yang telah mendaftar ke KPU, 14 dinyatakan lolos dan mengikuti tahapan pemilu selanjutnya. Sementara 2 partai lainnya gagal karena tidak memenuhi syarat yang sudah di tentukan.

KPU pun mengumumkan Hasil verifikasi ini dan di selengarakan di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta Pusat, pada hari Sabtu 17 febuari 2018,

Sebelum mengumumkan daftar partai yang lolos, Anggota KPU terlebih dulu melakukan rapat pleno terbuka mengenai rekapitulasi nasional hasil verifikasi. dan memutuskan 14 partai lolos untuk mengikutin pemulu 2019

“Menetapkan 14 parpol sebagai peserta pemilu 2019,” ucap komisioner KPU Hasyim Asyari.

Diketahui, Dari 14 parpol yang lolos itu, 10 merupakan partai lama yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat. Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sementara 4 partai yang tersisah merupakan partai baru yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

KPU juga menyampaikan ada dua 2 partai yang gagal dalam melaju ke tahapan pemilu 2019 selanjutnya, Yaitu dari Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Keduanya dinyatakan gagal karena tidak memenuhi syarat saat verifikasi faktual.

Berdasarkan hasil penetapan yang di umumkan oleh KPU pada hari Sabtu 17 febuari 2018, ,PBB dan PKPI telah sepakat untuk menggugat KPU ke Bawaslu.

“Segera kita akan lakukan gugatan ke Bawaslu, mungkin hari ini, segera kita masukan,” ungkap Sekjen PBB Afriansyah Noor.

Kepala Bidang Pemberdayaan Legistrator Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Ashari Ali Agus menyampaikan bahwa pihaknya akan mengguggat hasil penetapan KPU atas tidak lolosnya partainya sebagai peserta pemilu 2019.

Menurutnya, terdapat kekeliruan dari hasil yang di tetapkan oleh KPU dikarenakan miss komunikasi di beberapa kabupaten.

“Kita langsung menggugat. Kita tidak menerima hasil itu. Ada kekeliruan besar, tentu kita selama ini kan tidak tidur, pasti ada sesuatu yang miss di sini,” ungkap Ashari

Ashari merasa bingung, KPU menyatakan bahwa partainya tidak memenuhi syarat. Dirinya menganggap PKPI telah memenuhi segala persyaratan yang di minta oleh KPU.

“Kita kan sudah memenuhi semuanya, Kita sudah lengkap semuanya. Justru itu yang membuat kita bertanya kok ada yang begitu,” Kepala Bidang Pemberdayaan Legistrator (PKPI) Ashari Ali Agus .

detikrtibun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!