Mata Kuliah? Ini beberapa tips memilihnya agar tidak salah

Mata kuliah. Banyak remaja yang setelah selesai melakukan sekolah di tingkatan Sekolah Menengah Atas. Binggung untuk memilih mata kuliah yang cocok untuk dia.

Jadi bagaimana anda melakukan pilihan yang tepat. Dibawah ini beberapa tips untuk anda yang binggung akan memilih mata kuliah.

  1. Mengapa anda ingin kuliah ??

Pertimbangan yang paling penting saat memilih mata kuliah Anda adalah bertanya pada diri sendiri mengapa Anda ingin belajar.Apakah Anda ingin melanjutkan karir Anda dengan memperluas keahlian Anda? Jika ini masalahnya, Anda harus memilih mata kuliah dalam mata pelajaran yang merupakan perkembangan alami dari keterampilan dan kualifikasi Anda saat ini. Jika tujuannya adalah untuk maju lebih jauh dengan atasan Anda saat ini, maka memilih kuliah yang relevan dengan pekerjaan Anda akan direkomendasikan. Membahas pilihan studi dengan rekan kerja, kolega atau atasan Anda dapat membantu menentukan kualifikasi apa yang akan membantu karir Anda.

 

  1. Mata kuliah apa yang benar-benar Anda minati?

Sangat penting untuk memikirkan apa yang Anda minati, dan mata kuliah apa yang ingin Anda pelajari. Apakah karena Anda bisa melihat karir Anda yang memuaskan  dan berkilauan di masa depan? Atau karena apa yang orang tua Anda inginkan? Dengan mempertanyakan diri Anda sekarang, Anda dapat menentukan mata kuliah  yang Anda inginkan untuk dipelajari.

 

  1. Di mana Anda ingin belajar dari mata kuliah yang anda pilih?

Sebenarnya ada dua bagian untuk ini. Dimana negara terbaik untuk mengambil spesialisasi di mata kuliah ini? Mungkin ini adalah negara dengan banyak kesempatan kerja magang dan pascasarjana di industri itu, atau kota yang memiliki akses ke sumber daya tertentu.  Ini juga ide bagus untuk bertanya pada diri sendiri: di mana di dunia ini Anda akan senang hidup selama beberapa tahun? Ini adalah kesempatan untuk belajar bahasa baru atau mengadopsi budaya baru, mendapatkan teman yang baru , dan mengalami cara hidup yang sangat berbeda. Dan jika Anda bahagia dalam hidup Anda, Anda akan senang dalam belajar.

 

  1. Analisalah kenyataan dari mata kuliah dan perguruan yang anda pilih??

Sekarang setelah Anda menemukan mimpimu, ayo berhenti sebentar dan pastikan itu realistis. Dapatkah Anda membeli penerbangan, biaya kuliah dan biaya hidup?

  1. Bagaimana Anda ingin belajar?

Mudah-mudahan Anda memiliki beberapa ide sekarang tentang bagaimana Anda memilih untuk belajar di mata kuliah yang anda pilih. Dan mudah-mudahan jawabannya bukan ‘dengan tidur’ atau ‘dengan menyilangkan jari saat memasuki ruang ujian.’ Beberapa orang lebih menyukai ujian akhir, yang lain menyukai tugas rutin agar mereka tetap sibuk sepanjang tahun.

 

  1. Lihatlah prospek karir Anda

Belajar di luar negeri bisa mahal, jadi anggap itu sebagai investasi di masa depan Anda. Dan itu berarti karir dan gaji Anda berada di negara luar. Cari tahu di mana siswa internasional lain di universitas tersebut bekerja setelah lulus, dan jika ada jaringan alumni yang aktif, atau kesempatan untuk bertemu dengan pemimpin industri selama kuliah Anda. Pilihlah mata kuliah yang tepat untuk mengembangkan prospek karier anda.

 

  1. Anda selalu bisa berubah pikiran

Ya, ini adalah keputusan penting. Tapi jika Anda sampai di sana dan Anda sadar telah membuat kesalahan besar, belum terlambat. Bicaralah dengan konselor siswa di kampus, dan lihat apakah ada pilihan yang lebih baik untuk Anda di sana. Jangan menghabiskan lima tahun berikutnya dalam hidup Anda sambil menatap buku teks yang tidak Anda minati sama sekali. Jaga agar kegembiraan anda  tetap hidup, dan Anda akan berhasil!

error: Content is protected !!