Menteri Agama Nyatakan Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Jumat 15Juni 2018

Be Sociable, Share!
Menteri Agama Nyatakan Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Jumat 15Juni 2018

Menteri Agama Nyatakan Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Jumat 15Juni 2018. Kementerian Agama menggelar sidang isbat menentukan awal Syawal 1439 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri. Sidang tersebut dilakukan tertutup  berlangsung sejak pukul 16.30 WIB.

Terdapat 97 titik lokasi untuk memantauan hilal yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Di setiap titik, Kementerian Agama mengutus petugas rukyatul hilal yang bekerja sama dengan Kakanwil maupun ormas.

Bukan hanya itu saja, Sidang isbat dihadiri duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium.

Hadir juga Pakar Falak, Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, juga Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Ppeserta mendengarkan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama mengenai posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H. Dalam hasil pemantauan hilal di lapangan dinyatakan sudah memenuhi persyaratan pergantian bulan.

Dengan begitu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meyatakan bahwa  1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat 15 Juni 2018.

“Sidang isbat tadi menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat 15 Juni 2018,” ucap Lukman Hakim

Menteri Agama mengatakan, pemetapan tersebut didasarkan pada setidaknya 12 saksi yang mengaku melihat hilal, juga nasihat dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Atas penetapan itu, maka Idul Fitri 2018 ditetapkan pemerintah bersamaan dengan keputusan Muhammadiyah.Dengan begitu, perayaan Hari Raya Idul Fitri berlangsung serentak di Indonesia.

Polda Metro Jaya mengerahkan 5 ribu personel untuk amankan malam takbiran maupun Idul Fitri 1439 H. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis memimpin apel pasukan untuk pengamanan

“Besok paginya seluruh personel kurang lebih 5.000 akan kita sebar ke seluruh masjid-masjid yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Idham

Dirinya mengatakan pihaknya menggandeng pihak lain untuk mengamankan Ibukota. Mulai dari TNI, Pemda, Satpol PP, Dishub, Dinas Kebakaran dan lain-lain,

“Bersama stakeholder yang lain teman-teman TNI, Pemda, Satpol PP, Dishub, Dinas Kebakaran dan lain-lain. Bekerja keras untuk berikan rasa aman pada masyarakat. Aman bagi masyarakat yang akan mudik, yang akan takbir, yang akan salah Idul Fitri,” ucapnya

Dirinya juga memerintahkan kepada jajarannya di Polres-Polres untuk membantu masyarakat memberikan rasa aman saat merayakan Idul Fitri.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!