Militer Israel Tahan Serangan Rudal Hamas Kewilayah Israel Selatan

Be Sociable, Share!
Militer Israel Tahan Serangan Rudal Hamas Kewilayah Israel Selatan

Militer Israel Tahan Serangan Rudal Hamas Kewilayah Israel Selatan. Sekitar 25 mortir ditembakkan pihak Hamas dari Jalur Gaza ke Israel selatan pada hari Selasa, 29 Mei 2018 pagi waktu setempat.

Militer Israel atau IDF menyampaikan bahwa pihaknya berhasil mencegat sebagian besar rudal tersebut dengan menggunakan sistem pertahanan udara miliknya Iron Dome.

Kendati demikian, IDF melaporkan bahwa beberapa rudal berhasil masuk ke wilayah komunitas Israel yang berbatasan dengan Jalur Gaza. Namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

seorang juru bicara IDF menyebut Satu rudal mendarat di sebuah taman kanak-kanak di Dewan Regional Eshkol, Namun, saat peristiwa terjadi, tak ada orang di lokasi tersebut.

Sirene bahaya roket telah diaktifkan di wilyaha tersebut dari 20 komunitas Israel di perbatasan Israel dekat Jalur Gaza sekitar jam 07.00 pagi waktu setempat.

Pemerintah setempat sempat menangguhkan aktivitas sehari-hari warga. Tetapi setelah pristiwa, Pihak pertahanan Istael kembali menginstruksikan agar masyarakat dapat kembali ke rutinitas masing-masing.

Namun Akan tetapi, sirene lebih lanjut terdengar pada pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Usai serangan, sumber-sumber Palestina melaporkan bahwa militer Israel segera melakukan serangan udara balasan ke posisi Hamas di Jalur Gaza.

Namun masih belum jelas apakah serangan balasan itu menimbulkan korban di pihak Palestina. Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah perbatasan Gaza-Israel.

Pada Senin, 28 Mei malam, beberapa rumah maupun mobil di Kota Sderot, Israel selatan dilanda tembakan senapan mesin. Peristiwa itu terjadi beberapa jam setelah satu warga Palestina tewas akibat tembakan tank IDF. Menyusul baku tembak antara warga Gaza dengan pasukan IDF di Jalur Gaza utara.

Baku tembak tersebut terjadi setelah dua warga Gaza tertangkap tangan oleh militer Isreal yang berusaha melanggar pagar keamanan perbatasan Israel.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Juru Bicara IDF. Pasukan Israel yang berjaga ditargetkan dengan tembakan saat penangkapan dua warga Gaza yang berusaha menerobos pagar.

Dalam aksi tersebut, Pihak IDF menanggapi dengan menembakan menggunakan tank terhadap pos Hamas di dekatnya.

Insiden itu terjadi setelah IDF mengonfirmasi pada Minggu 27 Mei, sebuah drone yang dipersenjatai dengan bahan peledak yang diluncurkan dari bagian utara Jalur Gaza mendarat di Dewan Regional Sha’ar Hanegev pekan lalu.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!