Najib Razak Dikabarkan Menyewa Pengacara Asal Amerika Serikat

Be Sociable, Share!
Najib Razak Dikabarkan Menyewa Pengacara Asal Amerika Serikat

Najib Razak Dikabarkan Menyewa Pengacara Asal Amerika Serikat. Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dilaporkan bahwa dirinya telah menyewa tim pengacara top asal Amerika Serikat. Guna membantu dirinya yang tengah terjeratt dugaan skandal megakorupsi 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

Kabar tesebut mencuat ketika Malaysia tengah memulai proses penyelidikan terhadap Najib Razak dan istrinya Rosmah Mansor

Dari penyelusuran. Najib Razak  menyewa jasa pengacara firma hukum Amerika Serikat Ashcroft Law Firm. Yang dipimpin oleh mantan Jaksa Agung Amerika Serikat, John Ashcroft

Ashcroft Law Firm telah mendaftarkan nama Najib Razak sebagai klien. Pada United States Foreign Agents Registration Act (FARA).

Undang-undang yang disahkan pada 1938 itu mewajibkan entitas Negara Amerika Serikat yang mewakili kepentingan asing. Dalam kapasitas politik atau semi-politik agar mengungkapkan hubungan, informasi kegiatan. Serta arus keuangan mereka dengan klien asing kepada pemerintah.

Nama Najib Razak muncul di daftar FARA sebagai “klien asing” Ashcroft Law Firm. Dalam hal tersebut  disebut telah mendaftarkan eks PM Malaysia sebagai salah satu klien asing mereka. Dalam dua kesempatan pada 28 dan 29 Maret 2018.

Dari kesepakatan.  Ashcroft Law Firm menerima bayaran dari pemerintah asing, partai politik asing, atau entitas asing lain. yang mungkin merujuk pada Najib Razak.

Najib menyewa Ashcroft Law Firm untuk memberikan konsultasi atas proses hukum yang berlangsung di Malaysia.

Namun dirinya tidak dijelaskan apakah Najib akan mempertahankan layanan Ashcroft saat dirinya juga tengah menjadi target penyelidikan seputar dugaan keterlibatan sang eks PM Malaysia dalam skandal korupsi 1MDB.

Media Malaysia The Malaysian Insight melaporkan pada Sabtu, 2 Juni 2018 bahwa suami Rosmah Mansor itu telah menyewa pengacara top Amerika Serikat lainnya, yakni David Boies.

Diketahui Boies sebelumnya mewakili pemerintah Amerika Serikat dalam kasus anti-trust terhadap Microsoft. Dia juga membela produser film Harvey Weinstein terkait  skandal pelecehan seksual.

Bukan hanya itu saja mantan PM Malaysia dikabarkan  juga telah menyewa ahli hukum asal AS, Matthew Schwartz. Dirinya pernah dianugerahi Prosecutor of the Year oleh the Federal Law Enforcement Foundation.

Dirinya telah menangani beberapa kasus berat termasuk penyelidikan pemodal AS Bernie Madoff. yang dipenjara pada 2009 karena menipu para investor.

Diperkirakan semua pengacara Najib Razak itu diperkirakan akan segera bertemu dengannya langsung di Kuala Lumpur. Malaysia

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!