Panduan Bermain Capsa Susun ala DewaDominoQQ

Be Sociable, Share!

Panduan Bermain Capsa Susun Online ala DewaDominoQQ

Capsa susun atau biasanya ditulis dengan 13 susun adalah sebuah permainan yang sudah ada sejak lama. Tidak diketahui siapa yang menemukan permainan ini. Tapi pastinya permainan ini adalah sebuah permainan kartu yang cara memainkannya pun cukup mudah dan cukup seru karena permainan ini juga menggunakan strategi. Permainan Capsa susun ini adalah kartu yang paling banyak di bagikan kepada player. Di dalam bermain Capsa susun, kita akan mendapatkan 13 buah kartu yang harus kita rangkai menjadi kartu yang siap untuk di adu ke tengah meja.

Sebelum anda bermain permainan ini, anda harus memiliki cukup pengetahuan tentang tingkatan kombinasi 5 kartu di poker karena nantinya hal ini adalah hal utama yang harus diperhatikan agar dapat memenangkan permainan.

Cara bermain Capsa susun adalah menyusun kartu menjadi tiga tingkatan yang berbeda. Setiap pemain akan dibagikan 13 buah kartu dan pemain bertugas untuk menyusun ke-13 buah kartu tersebut menjadi susunan kartu terbaik. Kartu akan dibagi menjadi 3 susunan baris. Susunan kartu paling bawah (5 kartu) harus memiliki nilai kombinasi lebih besar dibandingkan kartu tengah (5 kartu), demikian juga kartu tengah harus mempunyai nilai kombinasi yang lebih tinggi dibanding kartu paling atas (3 kartu). Pemenang adalah pemain yang mendapatkan kemenangan dari tiap tingkat. Masing-masing tingkatan memiliki hitungan berbeda-beda.

Dalam bermain Capsa Susun, kartu berangka 2 adalah yang paling rendah, sedangkan kartu AS adalah yang paling kartu yang paling tinggi.

Kartu yang sudah dibagi mempunyai susunan yang bermacam-macam dengan tingkatan kekuatan atau kemenangan.

Macam-macam susunan kartu dari tingkat tertinggi sampai terendah di permainan Capsa Susun:

Dragon adalah Kombinasi Kartu yang di susun lengkap Seri 13 kartu atau Straight dari angka As-K. (A,2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K). Dragon adalah angka terbesar dalam permainan Capsa Susun.

2qmkbw6

Royal Straight Flush merupakan susunan kombinasi 5 kartu tertinggi dengan angka yang berurutan mulai dari angka 10 dan memiliki kembang yang serupa. A,2,3,4,5 atau 10,J,Q,K,A disebut Straight Flush jika memiliki jenis kartu yang sama. Contoh : 10♠ – J♠ – Q♠ – K♠ – A♠

Straight Flush merupakan kombinasi 5 kartu berurutan dengan kembang yang serupa, namun kartu tidak ditentukan dimulai dari angka berapa. Contoh : 5♥ – 6♥ – 7♥ – 8♥ – 9♥
Untuk menentukan mana seri yang lebih tinggi lihat dulu angka tertingginya baru kemudian lihat kembangnya.

Four of a Kind adalah kombinasi empat kartu yang memiliki angka yang sama dan dilengkapi dengan 1 kartu bebas. Jika kartu Four of a Kind ini bertemu dengan lawan yang serupa, maka pemenang akan ditentukan dari nilai kartu terbesar yang dimiliki di kartu Four of a Kind . Sementara 1 Kartu Kicker hanya sebagai kartu pelengkap saja. Q,Q,Q,Q,2 disebut Four of a Kind/4 kartu yang sama. Contoh : 8♦ – 8♠ – 8♥ – 8♣ – 6♦

Full House memiliki nilai dengan peringkat keempat setelah Four of a Kind. Full House merupakan kombinasi antara kartu pair dan Three of a Kind. Urutan kombinasi Full House ditentukan dari nilai three of a Kindnya. Jika Full House yang terdiri dari 4♠ – 4♣ – K♣ – K♥ – K♠ ini merupakan Full House King. Kombinasi yang akan dihitung adalah kombinasi King ini, jika bertemu dengan kombinasi Full House Queen (5♣ – 5♦ – Q♣ – Q♦ – Q♥) maka Full House King yang akan keluar sebagai pemenangnya.

Flush merupakan kombinasi 5 buah kartu dengan kembang yang sama namun tidak perlu bersusun. Kombinasi ini akan membandingkan kembang mana yang lebih tinggi. Contohnya mendapatkan kartu 2,6,4,9,J dengan jenis kartu yang sama yaitu Spade. Maka kartu ini disebut dengan Flush/5 kartu berjenis sama. Kombinasi kembang dari yang tertinggi hingga terendah adalah : Sekop ♠ – Hati ♥ – Keriting ♣ – Wajik ♦, sedangkan nilai kartu tertinggi hingga terendah adalah : A -K- Q – J – 10 – 9 – 8 – 7 – 6 – 5 – 4 – 3 – 2. Jika Flush bertemu dengan Flush, maka akan dibandingkan terlebih dahulu jenis kembang yang dimiliki, jika memiliki kembang yang sama maka pemenang akan ditentukan dari nilai kartu yang dimiliki.

Straight merupakan kombinasi kartu dengan angka yang berurutan. Kombinasi ini tidak memerlukan jenis kembang yang sama. Penentuan pemenang jika Straight bertemu dengan Straight adalah dengan membandingkan nilai kartu terbesar yang dimiliki masing-masing pemain.

Three of a Kind merupakan kombinasi 3 buah kartu yang memiliki angka yang sama. Dua kartu sisanya harus merupakan kartu acak. Memiliki 3 kartu yang kembar disebut juga dengan Three’s. Contohnya J,J,J,2,8

Double Pair merupakan susunan dua pasang kartu dengan ditemani 1 kartu acak. Jika kedua pemain sama-sama memiliki kartu double pair yang sama, maka penentuan pemenang akan dilihat dari pair yang paling besar kemudian dilihat kembangnya. Contoh : Jika player A memiliki kartu Q- Q – 8 – 8 – 5 sedangkan player B memiliki kartu 10 – 10 – 9 – 9 – A maka pemenang adalah player A dengan pair Jack. Namun jika ditemukan pair dengan nilai yang sama maka pemenang akan ditentukan dari jenis kembangnya.

Pair merupakan kombinasi yang memiliki sebuah pasang kartu kembar. One pair/memiliki 2 kartu kembar. Contohnya Q,Q,4,7,9. Pair 2 merupakan Pair terendah, dan Pair As adalah Pair tertinggi. Jika kedua player memiliki pair dengan nilai yang sama, maka pemenang akan dilihat dari jenis kembang tertinggi.
Cara bermain capsa susun adalah kartu harus disusun berurutan seperti tingkatan ketiga (susunan paling bawah) harus lebih besar dari tingkatan kedua (susungan ditengah) dan untuk tingkatan pertama (susunan paling atas) mempunyai angka yang leibh besar dari lawan misalkan player pertama mempunyai angka kartu J,J,4 dan player kedua mempunyai kartu K,K,3 maka dari itu hitungan susunan teratas dimenangkan oleh player kedua.

Perhitungan Kartu

1. perhitungan kartu dilakukan saat waktu yang diberikan habis. Para pemain akan diberikan waktu untuk menyusun ulang ke-13 kartu yang dibagikan.

2. Perhitungan dilakukan antar player (head to head) dari susunan paling bawah, tengah, dan paling atas.

3. Setiap susunan akan mendapatkan nilai 1 point, namun berbeda untuk perhitungan “barang”.

4. Jenis-jenis perhitungan “barang” :
Threes atas akan mendapatkan 5 point
Full House tengah akan mendapatkan 3 point
Four of a Kind bawah akan mendapatkan 7 point
Four of a Kind tengah akan mendapatkan 14 point
Straight Flush bawah akan mendapatkan 9 point
Straight Flush tengah akan mendapatkan 18 point
Royal Flush bawah akan mendapatkan nilai 11 point
Royal Flush tengah akan mendapatkan nilai 22 point
“Dragon” maka pemenang akan mendapatkan nilai 208 point.
(Dragon adalah jika ke-13 kartu dapat menjadi susunan lengkap dari As hingga King)

5. Tembus adalah keadaan dimana satu pemain menang head to head dari player lainnya di setiap susunan bawah. Maka point pemenang akan dikali 2 ditambah bonus “barang”.

6. Tembus Keliling (Super) adalah situasi dimana satu pemain menang head to head dari semua player lainnya, baik dari susunan bawah, tengan maupun atas. Maka point pemain tersebut akan dikali 4 ditambah dengan bonus “barang”. *Super tidak berlaku jika hanya dimainkan oleh 3 player*

7. PAO adalah situasi dimana player salah dalam meletakkan susunan kartu. Player yang salah dalam meletakkan susunan kartu akan dianggap kalah tembus keliling dan perhitungan kartu akan menjadi ((3×4) + bonus ” barang” yang dimiliki player lainnya).

8. Biaya kamar adalah 3% dari total kemenangan winner.

Contoh Kasus :

1. Jika di dalam 1 meja terdapat empat pemain (A, B, C, dan D) di meja dengan stakes 100 rupiah.
2. Di baris pertama A mendapatkan Full House J dan 3, B mendapatkan Flush Hati, C mendapatkan Straight 9, dan D mendapatkan Pair of As.
3. Perhitungannya adalah : A memenangkan semua head to head yang artinya mendapatkan masing-masing 100 perak dari semua baris pertama, dan total kemenangan baris pertama adalah 300 perak.
4. B menang dari C dan D, tetapi kalah dari A. Total kemenangan B dari baris pertama adalah 100 perak.
5. C menang dari D, namun kalah dari A dan B. Maka total kekalahan baris pertama adalah 100 perak.
6. D kalah dari A, B, dan C. Maka total kekalahan D di baris pertama adalah 300 perak.
7. Demikian juga perhitungan berlaku hingga baris ketiga.

Hasil final akan menunjukkan total kemenangan kekalahan dan kemenangan masing-masing pemain.

 

Baca Juga Panduan Bermain Bandar Poker ala DewaDominoQQ

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!