Pemimpin Korea Utara Dengan China Bertemu Bahas Kesepakatan Denuklirisasi

Be Sociable, Share!
Pemimpin Korea Utara Dengan China Bertemu Bahas Kesepakatan Denuklirisasi

Pemimpin Korea Utara Dengan China Bertemu Bahas Kesepakatan Denuklirisasi. Kim Jong-un bertemu Presiden China Xi Jinping,  Keduanya membahas keselarasan pemahaman atas sejumlah isu krusial, mulai dari denuklirisasi hingga arah baru hubungan China-Korut,  kedua pemimpin bertemu di Beijing pada 19 – 20 Juni 2018.

Kedua pemimpintersebut juga mengevaluasi pertemuan bersejarah yang dilakukan Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada 12 Juni.

Diketahui Kim dan Xi Bertukar pendapat tentang cara untuk menyelesaikan masalah denuklirisasi,  Dalam pertemuan tersebut Kim Jong-un berjanji untuk bekerja sama dengan China demi mengamankan perdamaian dalam proses membuka masa depan baru di Semenanjung Korea.

Dalam pertemuan tersebut. Xi Jinping mengatakan kepada Kim Jong-un bahwa hubungan antara China dan Korut telah memasuki tingkat perkembangan baru sejak pertemuan pertama mereka pada Maret lalu.

Xi Jinping melanjutkan bahwa keduanya saat ini telah membuat kesepakatan antara masing-masing secara perseorangan. Kendati demikian, baik KCNA dan media pemerintah China tak mengelaborasi detail kesepakatan apa yang dibuat oleh kedua pemimpin itu.

Kim Jong-un juga mengatakan kepada Xi Jinping bahwa dia bersedia untuk meningkatkan persahabatan dan kerja sama bilateral. Kesepakatan bilateral itu juga dilakukan ketika perang perdagangan antara Amerika Serikat dengan Tiongkok yang semakin intensif. Situasi tersebut memberikan Kim Jong-un posisi tawar yang lebih menguntungkan,

Kunjungan dua hari memimpin Koreat Utara ke Beijing berakhir pada Rabu 20 Juni. Lawatan tersebut terjadi tepat sepekan usai pertemuan KTT  antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura,Dimana keduanya menyepakatin komitmen untuk bekerja sama menuju denuklirisasi lengkap (CVID) di Semenanjung Korea.

Kunjungan Kim Jong-un tersebut juga menandai lawatan ketiga Kim Jong-un ke Beijing, Sebelumnya Kim Jon-un ke Beijing pada Maret 2018 dan Mei 2018. Sementara itu sebelumnya,

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyampaikan dalam misi perdamaian di semenanjung Korea. Amerika Serikat dan Korea Selatan sepakat untuk menangguhkan latihan militer bersama bernama Freedom Guardian. Yang dijadwalkan pada Agustus 2018 mendatang, kata pejabat dari kedua negara.

Keputusan tersebut usai sepekan pertemuan puncak Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura.

“Korea Selatan dan Amerika Serikat telah setuju untuk menunda semua kegiatan mengenai latihan militer Freedom Guardian yang dijadwalkan pada Agustus,”ujarnya

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat membenarkan penangguhan latihan persahabatan itu. Dirinya menambahkan bahwa akan ada pertemuan antara menteri pertahanan serta penasihat kepresidenan bidang keamanan nasional dari kedua negar. Untuk membahas topik serupa.

“Kami masih mengoordinasikan langkah-langkah tambahan. Tidak ada keputusan yang akan dibuat mengenai pelaksanaan latihan perang bersama,” kata juru bicara Kemhan AS Dana White.

Pada Tahun lalu. Amerika Serikat dengan Korea elatan mengelar latihan gabungan yang terdapat  17.500 tentara AS dan lebih dari 50.000 pasukan Korea Selatan.

Latihan gabungan tahunan rutin yang kebanyakan difokuskan pada simulasi komputer daripada latihan lapangan langsung yang menggunakan senjata, tank atau pesawat terbang.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!