Pemprov Jakarta Akan Lanjutkan Program Normalisasi Bantaran Sungai

Be Sociable, Share!
Pemprov Jakarta Akan Lanjutkan Program Normalisasi Bantaran Sungai

Pemprov Jakarta Akan Lanjutkan Program Normalisasi Bantaran Sungai. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pemerintah provinsi DKi Jakarta akan melanjutkan program normalisasi bantaran sungai.

Menurutnya Untuk mewujudkannya, Pemprov DKI akan menggeser rumah yang berada di lokasi Aliran Sungai. Namun Dirinya memastikan tidak akan ada penggusuran dari pemprov DKI Jakarta nantinya.
Dirinya ingin warga pindah dengan sukarela.

“Mereka enggak digusur ya karena mereka akan pindah sendiri. Karena mereka ikut dalam program penataan (sungai),” Ucap Sandiaga

Uno pun mencontohkan seperti warga Kampung Arus, Cawang, Jakarta Timur yang sepakat akan melepas lahan mereka untuk pemasangan turap normalisasi sungai.

“Seperti di kampung arus mereka sepakat dilepas tanahnya ke pemerintah, sehingga ada akses sehingga kita bisa memasang sheet pile,” ucap Sandiaga.

Nantinya warga yang sukarela pindah dari bantaran sungai itu akan dipindah ke rusun dekat lokasi rumah lama mereka.

“Mereka maunya dicariin rumah susun di sekitar situ, karena kalau di deket cawang itu ada beberapa rusun yang mungkin bisa kita relokasi mereka,” ucap uno

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Juga menyampaikan bahwa Pemprov DKI akan meneruskan program normalisasi sungai di Ibu Kota “Kalau sebagai program tidak ada perubahan,”

Menurutnya, penataan kawasan pinggir kali tersebut dengan cara menggeser rumah untuk melebarkan aliran sungai tidak akan dilakukan untuk saat ini. Sebab untuk saat ini Pemprov DKi sedang fokus dengan pengungsi akibat banjir.

“Yang mendasar pada saat ini adalah memastikan warga bisa kembali dulu ke rumahnya. Habis itu baru kita bicarakan program sungainya nanti,” ujar Anies Baswedan.

Dia menyebut, saat ini ia tidak mau membahas mengenai persoal normalisasi sungai atau penggeseran rumah pinggir kali. Menurut dia, bila nanti banjir dan pengungsi sudah tidak ada, baru pemerintah akan evaluasi banjir dan melakukan penataan di bantaran sungai.

“Nanti sebentar, sekarang lagi ada yang ngungsi. Jangan bicara geser-geser (rumah) dulu, Sesudah itu kita evaluasi satu-satu apa yang terjadi. Lalu kita buatkan langkah-langkah ke depan buat mencegah kejadian seperti ini lagi,” ucap Anies

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!