Perangi Hoax, AMSI Resmi Berdiri

Be Sociable, Share!

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) telah resmi dideklarasikan oleh 26 media siber pada hari ini (18/04/2017). Ketua presidium AMSI, Wenseslaus Manggut, mengatakan bahwa tujuan dari didirikannya asosiasi ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan publik dan kalangan bisis terhadap keberadaan media – media yang berada didalam naungan asosiasi ini. Berikut adalah 26 media siber yang telah ikut mendeklarasikan AMSI.

  1. Merdeka.com
  2. Detik.com
  3. Kompas.com
  4. Liputan6.com
  5. Tempo.co
  6. Tribunnews.com
  7. VIVA.co.id
  8. Okezone.com
  9. Thejakartapost.com
  10. Suara.com
  11. Bisnis.com
  12. Republika.com
  13. Tirto.id
  14. Kumparan.com
  15. CNNIndonesia.com
  16. Dream.co.id
  17. Beritasatu.com
  18. RimaNews.com
  19. Arah.com
  20. Metrotvnews.com
  21. Beritajatim.com
  22. Kabarmakassar.com
  23. Otonomi.co.id
  24. Riauonline.co.id
  25. Jatengpos.co.id
  26. Kapanlagi.com

Sisi kepercayaan memang sangat diperlukan bagi publik saat ini, dimana informasi hoax banyak beredar diberbagai media. Menurut Wenseslaus, media – media harus saling bekerja sama dalam memberantas hoax yang tengah menyebar luas di berbagai media di Indonesia. Hal ini juga diungkapkan oleh Ketua Deklarasi AMSI, Ismoko Widjaya. Semenjak kebebasan informasi diberlakukan, banyak konten yang tak bertanggung jawab bertebaran. Ditambah lagi di era internet ini, informasi menyebar dengan sangat cepat.

Meski baru dideklarasikan oleh 26 media siber, kehadiran AMSI ini sangat diharapkan dapat berkontribusi dalam meminimalisir informasi – informasi yang tidak benar. Banyak animo media siber yang telah menyatakan keinginannya untuk bergabung. Menurut data yang beredar, diperkirakan sudah ada 174 media siber di seluruh Indonesia yang mendaftarkan menjadi anggota. Kehadiran AMSI sendiri disambut positif oleh Dewan Pers. Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo mengatakan, dengan adanya asosiasi ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif untuk perkembangan media di Indonesia.

Untuk menjadi anggota AMSI, para calon anggota harus mengikuti aturan dari Dewan Pers dan UU Pers, dimana perusahaan media tersebut harus memiliki badan hukum. Manfaat utama bagi media yang telah bergabung adalah mendapatkan berbagai macam informasi dan bersama – sama mengembangkan bisnis mereka di industri media ini.

Saat ini, kepengurusan AMSIdibentuk dalam wadah Dewan Presidium yang diketuai oleh Wenseslaus Manggut (CCO Kapanlagi Network / Pemred Merdeka.com) dengan anggotanya sebanyak 24 pemimpin redaksi atau wakil yang ditunjuk media online di Indonesia. Setelah deklarasi, Dewan Presidium akan menggelar Musyawarah Nasional untuk pembentukan pengurus, AD/ART dan program kerja dalam jangka waktu tiga bulan setelah deklarasi ini.

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!