Pertemuan Antara Demokrat dengan Gerindra Belum Temui Titik Koalisi

Be Sociable, Share!
Pertemuan Antara Demokrat dengan Gerindra Belum Temui Titik Koalisi

Pertemuan Antara Demokrat dengan Gerindra Belum Temui Titik Koalisi. Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah bertemu dengan Ketua Pemenangan Pemilu Gerindra Sandiaga Uno.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut bahwa pertemuan itu disebut belum menemui titik kesepakatan untuk nantinya berkoalisi.

“Ya nanti kita lihatlah namanya proses kan saya kira juga nanti ada. Memang sudah ada beberapa komunikasi tapi belum firmed, nanti kita lihatlah,” Ucap Fadli Zon

Hal ini dipastikan belum menemui kesepakatan antara Demokrat akan berkoalisi di Pilpres 2019. Dirinya mengatakan komunikasi dari semua parpol terus mengalir. Terutama yang belum menentukan sikapnya.

“Sikap Gerindra kalau kita melihat semua adalah mitra dalam demokrasi, termasuk yang menjadi lawan politik. Saya kira wajar dalam politik dan apalagi yang belum menyatakan sikap. Dia mengira itu berarti mempunyai peluang yang lebih besar untuk melakukan koalisi bersama,” ucapnya

Dirinya tidak berkomentar jika AHY nantinya diusung oleh Demokrat sebagai capres maupun cawapres. Dia menyebut partai Gerindra fokus pada kesepahaman dari koalisi dulu.

“Kalau kami selalu mengatakan bahwa yang paling penting merajut koalisi bersama dulu, nantinya kita dudukan atau rapatkan bagaimana formasinya ke depan,” ujar Fadli.

Gerindra saat ini juga masih mengutamakan mitra koalisinya yakni Partai Keadilan Sejahtra atau PKS yang telah menyodorkan sembilan nama cawapres.

“Sejauh ini kita belum bicara nama-nama sih, kecuali yang cukup jauh kawan-kawan PKS karena itu kan lebih awal,” ucapnya.

Fadli juga meyakini, pertemuan AHY dan Sandiaga Uno tak akan mengganggu koalisi antara Gerindra dan PKS. “Saya kira enggak. Kita tujuannya menang kok, bukan sekadar mau berkoalisi tapi kita mau tujuannya menang,” imbuh Fadli Zon.

Komunikasi Gerindra dengan koalisinya semakin intensif. Dalam waktu dekat, keduanya akan mengadakan buka bersama nantinya, Nantinya buka bersama itu juga akan dihadiri oleh petinggi PAN.

“Kalau PKS, PAN dan Gerindra sudah sama sama mengusung di berbagai daerah jadi komunikasi politik juga relatif sangat lancar. Jadi tinggal yang mendudukkan. Ibarat bermain catur gimana siapa dulu melangkah dan bagaimana,” tandasnya.

Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Jumat 18 Mei malam, bertemu Ketua Pemenangan Pemilu 2019 Partai Gerindra Sandiaga Uno.

Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan bahwa semua keputusan soal Pilpres 2019 tetap akan ada di majelis tertinggi Demokrat.Menurutnya Meski demikian, suara kader tidak boleh diabaikan dan merupkan salah satu bentuk aspirasi.

Diketahui para kader Partai Demokrat Meminta AHY untuk maju dalam pilpres 2019 mendatang, Hal ini terkait dengan munculnya Hastag dengan bertema #2019pemimpinmuda, Hastag tersebut dipakai oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Putu Supadma Rudana.

“Itu alternatif dari masing-masing kader Demokrat. Tetapi sekali lagi secara institusi secara kelembagaan, itu Partai Demokrat punya mekanisme yang ditentukan oleh majelis tinggi partainya, tetapi para ketum Dan petinggi partai akan selalu mendengarkan suara hati para kadernya. Tidak hanya kader Demokrat tapi juga mendengarkan suara dari masyarakat luas,” ucap AHY

Dia menegaskan, Demokrat tidak mau terburu-buru untuk mengambil keputusan dan mengeluarkan nama yang akan diusung di Pilpres 2019 nantinya. Karena masih dalam tahap membangunan koalisi.

“Dan saya punya dugaan nanti akan last minute semuanya untuk menentukan pasangan nya, capres dan cawapres juga koalisi itu sendiri. Tunggu tanggal mainnya,” ucap AHY.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!