Perusahaan AS Melanjutkan Pencarian Hilangnya Pesawat MH370 3 Tahun Yang Lalu

Perusahaan AS Melanjutkan Pencarian Hilangnya Pesawat MH370 3 Tahun Yang Lalu

Sebuah perusahaan eksplorasi laut Amerika Serikat akan melanjutkan pencarian hilangnya pesawat terbang milik maskapai Malaysian Airlines dengan mengirimkan beberapa kapal. Ketika itu nomor penerbangannya MH370 yang telah hilank 3 tahun yang lalu.

Pesawat yang berpenumpang 239 orang itu hilang saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing. MH370 tiba-tiba saja berubah arah saat berada diatas Laut China Selatan dan kehilangan kontak radio. Hilangnya pesawat ini menjadi misteri terbesar dalam sejarah penerbangan.

Dikutip dari VOA Indonesia kamis (4/1/2018). Pesawat ini terakhir kali terlihat oleh radar berada disekitar ujung utara Pulau Sumatera dan diperkirakan jatuh disekitar 1500km sebelah barat Australia. Inilah informasi yang didapatkan dari satelit komunikasi.

Ocean Infinity, perusahaan eksplorasi mengatakan satu kapalnya telah dikirim ke daerah pencarian yang diprediksi merupakan tempat jatuhnya MH370 dan berharap pemerintahan Malaysia akan melakukan kontrak dengannya untuk melanjutkan pencarian dalam beberapa hari kedepan.

Pihak Malaysia mengatakan mereka telah melakukan perundingan dengan Ocean Infinity sejak Bulan Oktober 2017. Untuk melakukan kontrak. Isi kontrak ini bahwa perusahaan Ocean Infinity hanya akan dibayar jika menemukan pesawat ini.

“Kami sedang berada di tahap-tahap akhir perundingan” Ucap Aziz Kaprawi Wakil Menteri Perhubungan Malaysia. Yang mengatakan bahwa dia tidak mengetahui adanya pergerakan kapal ini.

Kapal ini berangkat dari Afrika Selatan dan diprediksi akan sampai di wilayah pencarian sekitar pertengahan bulan Januari. Kapal ini juga membawa beberapa kapal selam mandiri yang dapat menjangkau dasar laut untuk mencari pesawat yang hilang 3 tahun lalu itu.

Beberapa ahli yakin seseorang dengan sengaja mematikan transponder Boeing 777 sebelum mengarahkannya ke wilayah Samudera Hindia. Hanya 3 bagian dari pesawat MH370 yang dinyatakan telah ditemukan dan semuanya ditemukan dari pantai Samudera Hindia.

8 Maret 2014 pesawat MH370 menghilang ditengah penerbangannya

Seperti yang diketahui 8 Maret 2014 pesawat MH370 menghilang ditengah penerbangannya. Pesawat ini terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China. Saat itu pesawat ini berpenumpang 227 orang, 152 orang merupakan warga China dan 38 warga Malaysia.

Berdasarkan beberapa data komunikasi satelit, kuat diduga pesawat ini jatuh di Samudera Hindia. Namun hanya satu bagian pesawat yang diduga milik MH370 yang pernah ditemukan di La Reunion, wilayah teritorial Prancis.

Sejak hilangnya pesawat ini pencarian terus saja dilakukan. Sampai dibentuknya beberapa tim yang berasal dari beberapa negara. Penyisiran dilakukan sampai bulan Juni 2016 dan telah ditemukan 7 petunjuk untuk mencari misteri hilangnya MH370.

error: Content is protected !!