Pesan KH Hasyim Kepada Putra Sulungnya Untuk Mengurus Pondok Pesantren

Pesan KH Hasyim Kepada Putra Sulungnya Untuk Mengurus Pondok Pesantren

Pesan KH Hasyim Kepada Putra Sulungnya Untuk Mengurus Pondok Pesantren. Duka Kembali Menyelimuti Indonesia, Toko Penguurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi menghembuskan Nafas Terakhirnya Pukul 06.15 Wib 16 Maret 2017.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini Tutup usia pada usia 73 tahun. Wafat setelah menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur.

Kabar Duka Disampaikan oelh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Melalui Akun Media Sosialnya

“Telah wafat KH Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan Almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya. Al-faatihah..,” Tulis Lukman Hakim Lewat Twitternya

Ucapan Duka juga disampaikan Mustasyar, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Ahmad Mustofa Bisri lewat akun twitternya yang bertuliskan “Innã liLlãhi wainnã ilaiHi rãji’űn. Kita kehilangan lagi seorang tokoh, mantan Ketum PBNU, KH Hasyim Muzadi. Semoga husnul Khãtimah,”

Mantan Ketua PBNU tersebut meminta dimakamkan di Pondok Pesantren Al Hikam Depok Jawa Baratk Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa Menuturkan Keinginan KH Hasyim Muzadi untuk dimakamkan di Depok sudah lama di sampaikan kepada beliau.

Khofifah Menjelaskan Keinginan beliau di makamkan di Pondok Pesantren Al Hikam yang baru berdiri selama 6 tahun tersebut ketimbang basis kumunitas Almarhum besar di Pesanteren Al-Hikam Malang Jawa Timur,, Karena Beliau ingin mendengarkan para santri membacakan Alquaran

KH Hasyim Muzadi juga menyampaikan pesan kepada Putra Sulungnya Abdul Hakim Hidaya., Ayah meminta dirinya untuk pengurus pondok pesantren

“Dia menyampaikan kepada putranya untuk meneruskan pondok pesantren, pondok pesantren ini yang sudah dikelola oleh beliau dengan baik,”

Abdul Juga Menuturkan bahwa “Saya sebenarnya tidak pantas yang menilai orang tua sendiri. Tapi beliau adalah sosok ayah yang sempurna. Kami sebagai anak merasa bersyukur menjadi anak beliau,”

Dirinya mengungkapkan banyak sekali kenangan yang tidak terlipakan dengan sang ayah tercinta. Sikap sederhana dan humoris membuatnya selalu mengingat sosok ayah. Ketika Beliau marah kepada anak anaknya tidak dengan emosi tapi denga bahasa humoris

Pesan terakhir juga disampaikan kepada Arif zamhari. Menantu KH Hasyim Menuturkan. Beliau Meminta kutipan kitab Al-Hikam diapsang di kamarnya dengan Dengan bunyi kutipan. ‘Ingatkan Dirimu untuk Mengatur Segala Sesuatu yang Sudah Diatur Tuhan’.

“Pesan beliau dan itu minta ditempel di rumah atau di kamar beliau. Itu dilakukan saat beliau dalam kondisi kurang sehat itu beliau minta salah satu ustaz untuk menuliskan itu dan ditempel. Saya kira itu juga bagian dari wasiat beliau ditempel di rumah di kamar sama di rumah Malang,” ujarnya.

error: Content is protected !!