Polisi Berhasil Menggagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu dari China

Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian memuji jajarannya karena berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu dengan jumlah yang sangat besar. Tim gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok menggagalkan penyelundupan sabu asal China. Dari pengungkapan kasus tersebut, polisi menyita barang bukti berupa 1 ton sabu.

Sebagai pucuk pimpinan kepolisian, Tito menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menoleransi upaya penyelundupan narkotika jenis apapun Indonesia. Polisi akan bertindak tegas, termasuk melakukan penembakan terhadap narkoba yang melakukan perlawanan. Seperti pada kejadian kali ini, dimana polisi menembak mati Lin Ming Hui, bandar narkoba asal China, yang melawan saat hendak diamankan oleh petugas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pengungkapan kasus ini setelah tim gabungan dari Polda Metro Jaya beserta Polres Depok, mendapat informasi dari Kepolisian Taiwan bahwa akan ada pengiriman sabu dari China ke Indonesia. Kemudian, tim melakukan penyelidikan sejak Juni 2017 hingga melakukan penangkapan di tepi pantai dekat Hotel Mandalika, Serang, Banten. Pengungkapan sabu dengan berat mencapai 1 ton ini menjadi yang terbesar di tahun 2017.

Operasi penyelundupan narkoba dilakukan di tepi pantai dekat Hotel Mandalika, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang Kamis dini hari. Operasi ini berhasil menangkap tiga orang asal China. Satu orang bandar narkoba asal China bernama Lin Ming Hui ditembak mati karena coba melawan polisi saat hendak diamankan petugas. Sementara dua pelaku lain juga berhasil ditangkap yaitu Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu. Polisi saat ini masih mengejar satu pelaku lain yang masih buron.

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi menyita barang bukti sekitar 1 ton sabu berupa 51 kanrung yang masing – masing memiliki berat sekitar 20 kilogram. Pengungkapan kasus ini bermula saat polisi mendapat informasi dari kepolisian Taiwan bahwa akan ada narkotika jenis sabu dengan jumlah besar dari China yang akan masuk ke Indonesia.

Terungkapnya penyelundupan narkotika jenis sabu sebanyak 1 ton ini menegaskan bahwa Indonesia masih menjadi surga bagi para penyeludupan narkotika jaringan internasional. Oleh karenanya, pihak kepolsian akan terus mengungkap kasus – kasus seperti ini.

error: Content is protected !!