Polri Kerahkan Personel Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

Be Sociable, Share!
Polri Kerahkan Personel Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

Polri Kerahkan Personel Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda. Sebanyak 1.500 Polri dikerahkan ke lokasi terdampak tsunami selat Sunda di provinsi Banten dan Lampung. para polisi ditugasjakan untuk fokus menangani evakuasi korban di lokasi yang terkena dampak tsunami.

Humas Mabes Polri Dedi menjelaskan Polri saat ini mengerahkan 1.500 personel, masih fokus evakuasi korban, baik sepanjang pantai maupun desa desa yang belum tersentuh evakuasi,

Dirinya menyebut saat ini polri telah memetakan 19 pos titik pengungsian yang terdapat 8.009 orang di Pandeglang, yang tersebar di Kecamatan Pabuaran 512 orang , dan Pabuaran 150 orang.

Badan SAR Nasional atau Basarnas mencapaikan dari data yang tercatat sebanyak 334 orang meninggal dunia akibat musibah tsunami yang menerjang perairan Selat Sunda, Provinsi Banten pada hari Sabtu 22 Desember malam. Menurutnya Jumlah tersebut masih sementara dan ada kemungkinan bertambah.

Petugas pendataan dan komunikasi Basarnas Fahrizal mmenyampaikan, jumlah korban meninggal dunia meningkat dari sebelumnya tercatat 252 orang meninggal duniamenjadi 334 Korban jiwa, 757 luka-luka, dan 30 hilang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memfokuskan mencari korban jiwa. Pihaknya menerbangkan drone atau pesawat tanpa awak memantau dampak bencana dan pencarian korban di pesisir pantai Lampung dan Banten.

Polri Kerahkan Personel Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

Kasubdit BNPB, Bambang Surya Saputra menyampaikan. Saat ini satu unit drone sudah diterbangkan di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Kami berkoordinasi dengan Pihak TNI untuk melakukan pantauan udara dengan helikopterTak hanya TNI. Pihaknya juga berkordinasi dengan relawan.

Dirinya menambahkan bahwa penanganan dampak bencana juga harus cepat dilakukan. Sehingga para korban bisa di tanganin dan segera pulih. jika penanganannya lambat akan menimbulkan banyak korban. Kita harus belajar dari penanganan bencana di daerah lain

Dalam penanganan dampak tsunami di Banten maupun Lampung. BNPB dibantu oleh BPBD provinsi. Dikarenakan BNPB mempunyai potensi sumber daya manusia yang sangat besar yang siap diturunkan kalau diperlukan.

Berdasarkan data yang dihimpun, tsunami Selat Sunda menimbulkan kerugian material yang sangat besar. Di Banten, sebanyak 466 rumah, 9 hotel, 60 warung dan 350 perahu mengalami kerusakan.

Sedangkan di wilayah Lampung, kerugian material sebenyak 371 unit rumah, 3 unit hotel, 1 unit masjid, 207 buah perahu. Nantinya data tersebut akan disinkronkan ke pihak BNPB

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!