Puluhan Rumah Warga Rusak Parah Akibat Gempa Banten

Puluhan Rumah Warga Rusak Parah Akibat Gempa Banten

Puluhan Rumah Warga Rusak Parah Akibat Gempa Banten. Gempa berkekuatan 6,1 SR yang berpusat di Banten, Serang. Mengoyangkan Jakarta dan Sekitarnya

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi menyampaikan bahwa gempa yang berpusat di Banten terjadi pada pukul 13.34 WIB. Menurutnya Gempa tektonik itu berada di koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT Samudera Hindia Selatan Jawa.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 6,1 SR (sebelumnya 6,4 SR) terjadi dengan koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Provinsi Banten pada kedalaman 61 km,” ucap Moch

Dari catatan peta tingkat  guncangan (shakemap), BMKG menyampaikan bahwa guncangan yang paling dirasakan terjadi di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, II SIG-BMKG (IV-V MMI).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat Prof Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa gempa dengan skala 6,1 skala Richter tersebut akibat subduksi lempeng Indo-Australia dan masih terdapat sejumlah gempa susulan dengan skala rendah.

“Sudah ada 20 kali gempa susulan dengan skala yang semakin rendah. Gempa ini berpusat di wilayah Samudra Hindia selatan Jawa,” ucap Dwikorita

Dirinya menjeleaskan , karena gempa ini relatif kecil sehingga tidak cukup kuat untuk membuat perubahan di dasar laut yang dapat memicu munculnya Tsunami.

Dwikorita juga menjelaskan, gempa yang cukup besar itu dirasakan hingga ke Lampung, Sumatera. Gempa tersebut termasuk dalam klasifikasi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Puluhan Rumah Warga Rusak Parah Akibat Gempa Banten

Dengan mekanisme sumbernya berupa sesar geser naik (oblique trust). Maka gempa terjadi akibat dari gerak lempeng tektonik. Yaitu di Indo-Australia yang menunjang masuk ke bawah lempeng Uerasia.

“Akibatnya terjadi getaran, guncangan bahkan patahan yang akhirnya memicu terjadinya gempa bumi, Patahannya naik tapi agak memutar, menggeser tidak murni naik. Kekuatannya belum cukup menghentakkan air di atasnya,” ucapnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten menyampaikan bawah  Terdapat enam kecamatan di lebak yang rusak parah akibat gempa. Untuk saat ini BPBD setempat masih menyisir lokasi untuk mencari informasi dampak peristiwa tersebut.

Gempa dengan kekuatan 6,4 SR yang terjadi di Lebak Banten, merusak puluhan rumah di Kabupaten Lebak. Dari data yang didapat dari BPBD, enam kecamatan yang terdampak paling para. Antaranya adalah Bayah, Wanasalam, Panggarangan, Cilograng, Lebak Gedong, dan Sobang.

Gempah Di Kota Serang, tidak mengakibatkan kerusakan pada permukiman warga. Tim BPBD masih terus menyisir lokasi lokasi untuk mencari informasi kerusakan yang berada di wilayah Banten Selatan.

detiktribun

error: Content is protected !!