Rusia Latihan Militer Diwilayah Laut Baltik Selama Tiga Hari

Rusia Latihan Militer Diwilayah Laut Baltik Selama Tiga Hari

Rusia Latihan Militer Diwilayah Laut Baltik Selama Tiga Hari. Latihan militer Rusia di Laut Baltik menyebabkan  ketengangan terjadi lagi, Latihan tersebut mengambil tempat di antara Swedia, Polandia dan Latvia, yang beda dekat kota Karlskrona yang terletak di Swedia selatan, Latvia pun terpaksa menutup sebagian wilayah udaranya untuk keamanan.

Kementerian Pertahanan Rusia menyampaikan bahwa Armada Baltik yang bermarkas di wilayah Kaliningrad, telah memulai latihan rutin pada hari Rabu, 4 April 2018. Nanti latihan tersebut akan melibatkan pemakain peluru tajam untuk latihan membidik target udara dan laut.

Rusia melibatkan kendaraan perangnya.terdiri dari Tiga korvet, sebuah fregat, dan sejumlah helikopter militer

Menanggapi Aksi Latihan tersebutt, Perdana Menteri Latvia, Maris Kucinkis menyampaikan pada Reuters, Ini merupakan demonstrasi kekuatan. Sulit untuk memahami bahwa itu bisa terjadi begitu dekat dengan wilayah kita.

Perdana Menteri Kucinkis menyebutkan Rusia  melakukan latihan militernya  yang lokasinya berdekatan dengan perairan Latvia. Terjadi setelah sejumlah negara Eropa mengusir sejumlah diplomat Rusia. Menyusul upaya pembunuhan terhadap agen ganda Sergei Skripal dan putrinya, Yulia.

Latvia menutup sebagian dari wilayah udaranya, Swedia pun menyampaikan peringatan terhadap warganya mengenai lalu lintas laut. dengan menyebuat mungkin ada penundaan dan gangguan terhadap lalu lintas udara sipil.

Uji coba rudal oleh Rusia dimulai sehari setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan pemimpin Latvia, Lithuania, dan Estonia di Gedung Putih.

Dalam pertemuan tersebut, Donald Trump menegaskan bahwa Washington bersikap “sangat keras terhadap Rusia”. Ia merujuk pada dukungannya untuk meningkatkan belanja pertahanan negara-negara anggota NATO sebagai antisipasi agresi Moskow.

“Tidak ada yang lebih keras terhadap Rusia, tapi bergaul dengan Rusia akan menjadikan hal baik, bukan sesuatu yang buruk yang dipikirkan, Dan hampir semua orang setuju dengan itu, kecuali orang yang sangat bodoh. Terus terang saja, kami sangat keras terhadap pihak Rusia,” ujar Donald Trump.

Donald Trump pun di tanyakan mengenai Apakah Anda menganggap Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai teman atau musuh?, Respons Trump pun menyebut “Kita akan mencari tahu. Saya akan memberitahukannya nanti”. ucap Donald Trump

Duta Besar Latvia untuk Rusia, Maris Riekstins kepada saluran televisi Latvia mengatakan. latihan yang dilakukan Rusia sebelumnya tidak pernah begitu dekat dengan wilayahnya. Namun pihak otoritas setempat menyampaikan bahwa Moskow tidak melanggar peraturan internasional dan punya hak untuk melakukannya dikarenakan masih di luar wilayah Latvia

“Latihan berlangsung selama tiga hari di wilayah di mana lalu lintas penerbangan sangat intensif. Dan mengingat banyak hal yang terjadi dalam hubungan Barat dan Rusia yang memanas. Saya rasa itu merupakan tindakan yang provokatif,”ucapnya

detiktribun

error: Content is protected !!