Sekitar 60Ribu Warga Rohingya Memasuki Bangladesh Sejak Sepekan Lalu

Sekitar 60Ribu Warga Rohingya Memasuki Bangladesh Sejak Sepekan Lalu

Sekitar 60Ribu Warga Rohingya Memasuki Bangladesh Sejak Sepekan Lalu. Etnis minoritas Rohingya terus melarikan diri ke wilayah bagian Bangladesh. Mereka membawa sejumlah barang ala kadarnya untuk perbekalan di jalan.

Badan PBB UNHCR Menyampaikan bahwa dari catatan yang di dapat PBB mengklaim ribuan orang telah menyeberang dengan kapal dan berjalan kaki ke Bangladesh dalam 24 jam terakhir. Hal ini menyusul tindak kekerasan yang terjadi di Myanmar Barat.

Pemerintah Myanmar dan pemberontak Rohingya saling tuduh, telah membakar desa-desa dan bertindak kejam terhadap warga sipil. Pemeritah Myanmar pun menyampaikan bahwa hampir 400 orang tewas yang sebagian besarnya merupakan gerilyawan bersenjata.

Juru Bicara Badan Pengungsi PBB Vivian Tan mengatakan Sejak Pekan lalu Sekitar Lebih dari 60 ribu orang telah telah Menngungsi dan melintasi perbatasan untuk mencari suaka.Dan Sebagian besar telah memasuki Bangladesh melalui darat dan laut.

Beredar sebuah video yang memperlihatkan sebuah rekaman penghancuran desa desa warga Rohingya. Dan dalam rekaman ini juga mengklaim para warga di paksa untuk meninggalkan rumah mereka oleh militer Myanmar

Tercatat ratusan bangunan yang berada di 17 lokasi di wilayah Rakhine sejak 25 Agustus 2017 lalu telah hancur dan rata dengan tanah. Lebih dari 2.600 rumah milik warga Rohingya di sebelah barat laut negara tersebut dibakar massa.

Namun Pemerintah Myanmar mengklaim bahwa pembakaran dilakukan kelompok separatis Arakan Rohingya Salvation Army. Hingga kini belum ada respons dari kelompok Arakan terkait tuduhan pemerintah tersebut.

Diketahui Kelompok Arakan merupakan salah satu musuh terbesar aparat keamanan. Pada pekan lalu, kelompok ini mengaku bertanggung jawab atas serangan di pos polisi. yang berujung konflik terjadi

Pihak Militer Myanmar pub melakukan pembalasan. Operasi pembasmian kelompok Arakan berubah menjadi konflik SARA yang membuat kondisi di Wilayah Rakhine mencekam. Semenjak kericuhan pecah tercatat 60.500 warga Rohingya kabur ke Bangladesh

Bukan hanya itu saja yang di hadapi warga Rohingya, Kabur dari Kejaran Militer Myanmar. Para pengungsi juga di halau masuk ke Negara Tetanganya. Diketahui Sekitar 6.000 jiwa yang dihalau  di sebuah desa di perbatasan Myanmar

DetikTribun

error: Content is protected !!