Sekjen PBB Minta Indonesia Ambil Peranan Konflik Perdamaian Rohingya

Be Sociable, Share!
Sekjen PBB Minta Indonesia Ambil Peranan Konflik Perdamaian Rohingya

Sekjen PBB Minta Indonesia Ambil Peranan Konflik Perdamaian Rohingya.Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melakukan komunikasi lewat sambungan telpon dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres. Perbincangan selama 16 Menit itu membahas perkembangan konflik

Menurut Retno, Gutteres meminta kepada Indonesia untuk ambil peranan dalam krisis bagi warga Rohingya. Gutteres juga tahu betul apa saja yang sudah dilakukan Indonesia untuk meredam konflik di Rakhine, Dirinya meminta kepada Indonesia untuk menjalankan peran dalam menghentikan konflik

“Sekjen PBB mengapresiasi peran Indonesia dan harapkan Indonesia lanjutkan perannya dalam membantu penyelesaian krisis kemanusiaan di Rakhine State,”

Bukan hanya itu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres.pun mendesak kepada pihak myanmar untuk menahan diri agar tidak terjadi krisis kemanusiaan besar.

Kami sangat kawatir dengan laporan mengenai operasi yang dilakukan oleh militer Myanmar di Rakhine. Gutteres mendesak semua pihak untuk menahan diri dan tenang agar tidak terjadi krisis kemanusian,”

Diketahui Dewan Keamanan PBB telah melakukan pertemuan tetutup terkai membahas masalah konflig terhadap warga Myanmar. Namun tidak ada pernyataan remis yang dikeluarkan oleh pihak PBB seuisa pertemuan.

Bukan hanya itu  Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mendesak pemerintah untuk secepatnya memberikan bantuan kemanusian dan langkah diplomasi terhadap warga Rohingya di Rakhine Myanmar.

“PDI Perjuangan mengecam terjadinya tindakan yang sangat tidak manusiawi ini. Kejahatan kemanusiaan tidak bisa dibiarkan, harus dihentikan. PDIP mendukung pemerintah melalui Menlu yang bertindak cepat dengan segera ke Myanmar,”

Hasto mendorong pemerintah untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan secepatnya melakukan diplomasi. Untuk menyakinkan pemerintah Myanmar untuk mencari jalan damai menyelesaikan persoalan yang terjadi di negaranya.

Dirinya menyampaikan , sebagai negara terbesar di ASEAN. Indonesia harus mengambil langkah inisiatif atas kritis warga Rohingya, Dikarenakan Peranan Indonesia sangat akrif untuk menunjukan permadaian.

“Atas nama cita-cita perdamaian sebagai pelaksanaan sila kedua kemanusiaan atau internalisonalisme, maka prakarsa aktif harus diambil. Termasuk mendesak pemerintahan Myanmar untuk secepatnya menghentikan kekerasan atas warganya,” ucapnya.

detiktribun

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!