Serangan Udara Gabungan Tewaskan Pemimpin Kelompok Taliban Pakistan

Be Sociable, Share!
Serangan Udara Gabungan Tewaskan Pemimpin Kelompok Taliban Pakistan

Serangan Udara Gabungan Tewaskan Pemimpin Kelompok Taliban Pakistan. Pemerintah Afghanistan mengklaim bahwa pemimpin Taliban wilayah Pakistan ( Tehrik-i-Taliban Pakistan) Mullah Fazlullah tewas akibat serangan udara dari militer Amerika Serikat di Provinsi Kunar, Afghanistan.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan, Mohammad Radmanish Menyampaikan bahwa Serangan udara tersebut merupakan kolaborasi antara militer Amerika Serikat dengan pemerintah Afghanistan yang dilakukan pukul 09.00 waktu setempat, pada hari Kamis, 14 Juni 2018.

“Saya mengonfirmasi bahwa Mullah Fazlullah, pemimpin Taliban Pakistan, telah tewas dalam operasi udara gabungan AS-Afghanistan di area perbatasan Afghanistan dengan Pakistan di distrik Marawera, Provinsi Kunar,” ujar Mohammad Radmanish

Mohammad Radmanish menyampaikan bahwa dua anggota Taliban lainnya juga ikut tewas bersama Fazlullah. Fazlullah, yang diyakini bersembunyi di tempat persembunyiannya di kawasan hutan Afghanistan timur,  Dirinya merupakan orang paling dicari di Pakistan.

Hari Jumat, Angkatan Bersenjata Pakistan menyampaikan bahwa Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah berkomunikasi dengan Kepala Staf Militer Pakistan Jenderal Qamar Javed Bajwa, Kemonikasi tersebut untuk berbagi berita tentang kematian pemimpin Tehreek-i-Taliban Pakistan tersebut.

“Pembunuhan komandan Tehreek-i-Taliban Pakistan adalah sebuah perkembangan positif,Pimpinan militer Pakistan meyakini bahwa pendekatan kooperatif dan terkoordinasi adalah respons terbaik untuk menghadapi ancaman terorisme,” ucap Militer Pakistan

Juru Bicara Koalisi Militer AS-Afghanistan, Letkol Martin O’Donnell mengatakan bahwa Amerika Serikat telah melakukan serangan kontraterorisme di dekat wilayah perbatasan Afghanistan dengan Pakistan

Menurutnya Serangan itu menargetkan seorang pemimpin senior organisasi teroris dari kelompok Tehreek-i-Taliban,  Di sisi lain. Kantor berita pemerintah Turki Anadolu Ajansi melaporkan, Tehrik-i-Taliban Pakistan memahami bahwa Mullah Fazlullah telah terbunuh dalam serangan udara.

Laporan Anadolu Ajansi itu menyebut bahwa. Tehrik-i-Taliban Pakistan menuduh badan intelijen Afghanistan atau NDS telah memberikan informasi keberadaan Fazlullah kepada koalisi Gabungan tersebut. Untuk melancarkan serangan udara.

Diketahui Mullah Fazlullah menjadi pemimpin Tehrik-i-Taliban Pakistan pada November 2013 setelah kematian pemimpin sebelumnya yaitu Hakimullah Mehsud. Yang tewas dalam serangan drone AS di wilayah Waziristan Utara, Pakistan.

Dirinya  adalah komandan pertama dari Tehrik-i-Taliban Pakistan yang tidak berasal dari suku Mehsud di wilayah kesukuan Pakistan. Dari Lembah Swat di barat laut.

Sebagai Militer kejam yang sangat anti-negara dan menentang pembicaraan damai. Fazlullah mengobarkan perang berdarah melawan Pakistan dari tahun 2007 hingga 2009. Dirinya kemudian melarikan diri ke provinsi Kunar di Afghanistan pada tahun 2009 menyusul operasi besar-besaran militer Pakistan.

Dirinya merencanakan sejumlah serangan. Termasuk satu di sebuah sekolah di Peshawar pada tahun 2014 yang menewaskan sekitar 150 orang.

detiktribun

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!