Sidang Korupsi EKTP Nama SBY Disebut Sebut

Be Sociable, Share!
Sidang Korupsi EKTP Nama SBY Disebut Sebut

Sidang Korupsi EKTP Nama SBY Disebut Sebut. Penasihat hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail menyampaikan bahwa pengadaan e-KTP merupakan program proyek dari pemerintah sebelumnya. Dia beralasan, pengadaan e-KTP merupakan proyek pemerintah dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Yang kita mau coba fokus itu bahwa program (e-KTP) ini adalah program pemerintah, ya kan? Nah, pemerintah yang memenangkan Pemilu (2009) itu,” ujar Maqdir

Dirinya sempat mencari tahu apakah ada pesan khusus dari pemerintah SBY mengenai proyek pengadaan e-KTP,

Tim penasihat hukum Setnov, Firman Wijaya  juga sempat bertanya kepada saksi Mirwan Amir yang merupakan ekx Wakil Ketua Banggar DPR Fraksi Demokrat.

“Nah itu yang kita mau tahu, apa sih sebenarnya? Apakah memang ini ada pesan-pesan khusus atau tidak dari pemenang pemilu? Ternyata kan tidak, ini kan kalau kita lihat ke belakang memang program yang sudah direncanakan lama,” kata Maqdir.

Pihak kami sempat mencecar Mirwan Amir dengan pertanyaan pertanyaan di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor. Agar untuk membuktikan dakwaan jaksa penuntut umum KPK terhadap Setnov.  Jaksa menyebut Setnov mengintervensi dalam proyek pengadaan e-KTP tersebut.

“Tetapi ternyata tadi setelah saya coba tanya agak sedikit detail mengenai itu kan dijawab oleh Pak Mirwan Amir, bahwa ini adalah kesepakatan pemerintah bersama-sama dengan Komisi II, yang tidak bisa diintervensi oleh siapa pun,” kata dia.

Menurut Maqdir, pernyataan yang disampaikan Mirwan Amir dalam sidang membuktikan tidak adanya intervensi yang dilakukan Setya Novanto.

“Ternyata kesepakatan ini disetujui Banggar bersama-sama dengan Kementerian Keuangan. Jadi, kalau misalkan seperti didakwakan sekarang itu karena intervensinya Setya Novanto jadi tidak masuk akal. Ini yang kami pertanyaan dan kami buktikan,” ucap Maqdir.

Diketahui nama mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono disebut dalam sidang dugaan korupsi  e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto. Nama SBY disebut sebut oleh mantan Wakil Ketua Banggar DPR Fraksi Demokrat Mirwan Amir

Awalnya, penasihat hukum Setnov, Firman Wijaya bertanya kepada Mirwan Amir dengan menyebut apakah proyek e-KTP ada kaitannya dengan pemenangan Pemilu 2009.

Mirwan pun menyebut “Memang itu program dari pemerintah,” ujar Mirwan

Firman mempertegas pertanyaan terhadap Mirwan dengan menanyakan siapa pemegang pemerintahan pada 2009. Dengan tegas Mirwan menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat yaitu Susilo Bambang Yudhoyono

detiktribun

 

 

Be Sociable, Share!
error: Content is protected !!